Home / Headline / Mensos : Semua Pihak Harus Waspadai Pengemis Palsu yang Muncul di bulan Ramadan

Mensos : Semua Pihak Harus Waspadai Pengemis Palsu yang Muncul di bulan Ramadan

500.mensos556

Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, bulan Ramadan ini selalu menjadi magnet bagi para pengemis untuk datang ke kota-kota besar di Indonesia. Perlu kerja sama semua pihak untuk menanggulangi masalah ini.

“Setiap bulan Ramadan pengemis menjadi masalah klasik yang terjadi di kota-kota besar di Indonesia,” kata Mensos dalam acara buka puasa bersama di kediaman Jalan Widya Chandra IV, Jakarta Selatan, Rabu (15/6) malam.

Ditambahkan oleh Khofifah, bahkan ada banyak pengemis palsu yang muncul setiap bulan Ramadan. Mereka meminta-minta di jalanan padahal hidupnya sebenarnya berkecukupan.

“Patut disayangkan masih adanya pengemis palsu. Gelandangan dan pengemis termasuk salah satu Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS),” jelasnya.

Menurut Khofifah, hal itu harus menjadi perhatian bersama termasuk pemerintah dan para pemuka agama agar melakukan upaya sosialisasi dan pendidikan agama di semua kalangan umat.
Seperti diketahui, salah seorang pengemis bernama Arif Komady diamankan oleh petugas Satpol PP ketika dilakukan razia terhadap para gelandangan dan pengemis (gepeng) di daerah Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Sabtu (11/6) lalu. Setelah diperiksa, pengemis itu justru diketahui memiliki satu unit mobil dan kartu kredit.

“Kita sayangkan justru ditemukan di Sampit kemarin. Setelah disisir pengemis itu punya sedan, kartu kredit. Ini mah pengemis keren,” jelasnya.

 

 

 

Baca Juga

Perjuangan Listriki Pulau Liran, Seberangi Laut Hingga Daki Bukit

Maluku – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) saat ini tengah berusaha menggenapi rasio elektrifikasi ...