Home / Headline / Menteri ESDM Dicopot Jokowi, Ini Penyebabnya!

Menteri ESDM Dicopot Jokowi, Ini Penyebabnya!

Menteri ESDM Archandra Tahar, resmi diberhentikan Presiden Joko Widodo mulai Selasa, 16 Agustus 2016.

Menteri ESDM Archandra Tahar Diberhentikan Jokowi

Dalam konferensi pers singkat pada Senin (15/8) malam, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyampaikan jika Presiden Jokowi memberhentikan Archandra Tahar dari posisinya sebagai Menteri ESDM. Isu tentang kewarganegaraan ganda yang dimiliki Archandra Tahar, dituding sebagai penyebabnya.

“Menyikapi pertanyaan-pertanyaan publik terkait status warga negara Menteri ESDM Archandra Tahar dan setelah memperoleh informasi dari berbagai sumber, Presiden memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat Archandra Tahar dari posisinya sebagai Menteri ESDM” ungkap Pratikno.

Presiden Jokowi kemudian menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Luhut Pandjaitan sebagai pejabat sementara Menteri ESDM sampai diangkat Menteri ESDM yang definitif. Pratikno menegaskan jika efektif diberhentikan mulai pada Selasa (16/8/2016).

“Saya kira semuanya sudah jelas” tegas Pratikno.

Seperti yang diketahui jika sebelumnya Menteri Hukum dan HAM , Yasonna Laoly mengakui bahwa Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Archandra Tahar memiliki dua paspor, Amerika Serikat dan Indonesia.

“Memang beliau memiliki paspor dua, paspor warga negara Amerika dan paspor negara Indonesia” kata Yasonna, Senin (15/08).

Baca Juga

Shakhtar Sudah Kalahkan Napoli, City Dilarang Meremehkan

Manchester – Di atas kertas, Manchester City lebih unggul daripada Shakhtar Donetsk. City diperingatkan agar ...