Home / Berita / Nasional / Menteri Susi Beberkan Modus Baru Aksi Illegal Fishing, Ini Penjelasan Lengkapnya

Menteri Susi Beberkan Modus Baru Aksi Illegal Fishing, Ini Penjelasan Lengkapnya

menteri susi5

 

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebutkan modus baru aksi penangkapan ikan secara illegal (illegal unreported unregulated/IUU fishing) di perairan Indonesia, agar dapat kembali melakukan aksi penangkapan ikan secara ilegal.

Menteri Susi menjelaskan, para pelaku illegal fishing itu mencoba menjual kapal milik mereka ke perusahaan Indonesia dengan dalih hibah kapal harga murah. Tetapi, Susi justru mencurigai bahwa hal itu hanya untuk mengganti status kapal tersebut dari eks asing menjadi kapal lokal.

“Dan sekarang juga ada modus baru, kapal-kapal eks asing mau dijual murah ke perusahaan Indonesia supaya bisa jalan lagi. Tapi kan itu tidak bisa,” ungkapnya di Gedung KKP, Jakarta, Selasa (15/12).

Bukan itu saja, Menteri Susi menuturkan para pejabat tinggi di Tanah Air juga mencari celah agar kapal eks asing bisa kembali mencuri ikan, dengan dalih ingin membeli kapal murah dalam jumlah yang besar. Menurutnya, hal itu hanya modus operandi baru akal-akalan para pelaku illegal fishing.
“Bahkan pejabat-pejabat tinggi juga bilang saya mau beli kapal-kapal murah banyak. Emangnya beli duit dari mana. Bohong-bohong lagi kan. Modus operandi baru illegal fishing dengan hibah penjualan harga murah, supaya kapal eks asing itu bisa tangkap lagi. Supaya ganti status aja,” jelasnya.

 

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...