Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Meski Diboikot, Rusia Gelar Parade Militer Terbesar dalam Sejarah

Meski Diboikot, Rusia Gelar Parade Militer Terbesar dalam Sejarah

Russian Defence Minister Shoigu and Salyukov, Victory Parade Commander review troops at the beginning of the Victory Day parade at Red Square in Moscow

Pada hari Sabtu (9/5) Rusia menggelar parade terbesar di Lapangan Merah Moskow memperingati 70 tahun kemenangan Sekutu dalam perang melawan Nazi tahun 1945 ketika pasukan Nazi menyerah.

Parade tahun ini diadakan ketika Rusia dilanda ketegangan dengan negara-negara Barat mengenai Ukraina karena aneksasi Moskow atas Krimea dan tuduhan bahwa Presiden Putin mendukung konflik separatis yang mematikan.

Sehingga para pemimpin negara-negara Barat memboikotnya dengan tidak hadir di acara parade.

Meski demikian, 20 pemimpin asing, termasuk China, Kuba dan Zimbabwe, serta Sekjen PBB Ban Ki-moon hadir langsung menyaksikan parade.

Dalam pidatonya, Presiden Rusia Vladimir Putin berterima kasih kepada sekutu utama Rusia pada masa Perang Dunia II – AS, Inggris dan Perancis – karena telah membantu mengalahkan Nazi.

Putin juga menyoroti bahwa kerjasama internasional telah terancam dalam beberapa tahun terakhir.

“Prinsip-prinsip dasar kerja sama internasional telah diabaikan selama 10 tahun terakhir. Prinsip-prinsip yang sulit dimenangkan oleh manusia mengikuti krisis perang global,” ungkap Putin kepada barisan tentara yang berdiri di hadapannya.

Pihak Barat sendiri menuduh kalau parade militer tersebut sebagai unjuk kekuatan oleh Rusia yang ingin menciptakan ancaman militer. Namun Putin dengan tegas membantahnya.

“Saya mendengar beberapa orang mengatakan parade kami adalah tentang menampilkan ancaman militer. Namun parade ini bukan tentang itu. Ini adalah untuk kita orang-orang Rusia. Itu menunjukkan bahwa kita adalah negara yang kuat dan besar,” ujar Putin.

Jalannya parade militer berlangsung cukup meriah, kerumunan orang berdesakan di sis jalan sekitar Kremlin, bersorak dan berteriak setelah jet tempur melintasi pusat Kota Moskow. Para veteran perang menyaksikan parade dari tribun. Dada mereka lengkap dengan medali.

Berbagai senjata tempur canggih, Seragam besi yang dikenakan ribuan tentara Rusia yang berbaris di Red Square, ratusan pesawat jet tempur dipertontonkan.

Disamping itu, ada pula rudal balistik antar-benua RS-24 Yars. Rudal ini dilengkapi tiga hulu ledak nuklir.

Tak kalah menariknya, tank Armata terbaru T-14 yang diklaim Rusia sebagai tank terkuat di dunia untuk saat ini.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

permainan-game-di-korea

Bintang Tamu Ini Bercinta di Depan Penonton Saat Siaran Langsung

Sebuah video merekam aksi dua bintang tamu berbaring di lantai di sebuah studio TV saat ...