Home / Berita / Dunia / Meski Harta Berlimpah Tapi Kenapa Orang Terkaya China & AS Justru Pusing?

Meski Harta Berlimpah Tapi Kenapa Orang Terkaya China & AS Justru Pusing?

jack ma _ gates AP 88

Bagi anggapan orang tak mampu alias orang miskin mungkin menjadi orang kaya dengan harta berlimpah, hidupnya akan enak dan bahagia. Pandangan ini sebenarnya justru kebalikan, sebab siapa yang tahu kalau menjadi orang kaya justru juga pusing. Kenapa?

Kita mungkin tahu Jack Ma, pebisnis e-commerce yang berkibar lewat perusahaan Alibaba. Dia adalah orang terkaya di China dengan harta USD 23,7 miliar. Ada juga Bill Gates, orang terkaya di Amerika Serikat sekaligus dunia yang merupakan pendiri Microsoft dengan kekayaaan hartanya mencapai USD 79,4 miliar.

Kedua orang tersebut ternyata punya pandangan yang sama soal uang.

Ma pernah mengatakan kalau dirinya justru merasa paling bahagia ketika hanya menghasilkan uang 20 poundsterling per bulan, ketika masih belum berlimpah harta. Dengan posisi sebagai miliuner saat ini, diakui Ma membuatnya pusing.

“Waktu terbaik bagiku adalah saat lulus kuliah. Aku bekerja dan dibayar 20 poundsterling setiap bulan. Itu adalah saat-saat yang fantastis,” ungkap Ma seperti dilansir dari Daily Mail, Rabu (1/7).

Jika kamu punya sejuta dolar, lanjut Ma, kamu manusia beruntung. Tapi ketika kamu mendapat USD 10 juta, kamu mendapat masalah, banyak kepusingan. Jika kamu punya lebih dari USD 1 miliar, kamu punya sebuah tanggung jawab. Itu adalah kepercayaan yang diberikan orang padamu, karena orang yakin kamu bisa menghabiskan uang dengan lebih baik.

Sementara itu hal senada juga dituturkan Bill Gates. Menurutnya, punya begitu banyak uang bukan semata untuk dihambur-hamburkan. Ada tanggung jawab besar di dalamnya.

“Aku tidak mengawali semuanya dengan mimpi untuk menjadi super kaya. Bahkan ketika kami memulai Microsoft, kami mengamati orang di Intel dan berpikir pasti aneh menjadi kaya,” ungkap Bill Gates beberapa waktu silam.

Kemakmuran, sambung gates, adalah tanggung jawab untuk diwariskan pada anak-anak, yang mungkin adalah hal baik bagi mereka atau hal buruk, atau mencari cara bagaimana memberikannya ke orang lain.

Berambisi jadi kaya, kata Gates adalah wajar dan kekayaan memang penting.

“Saya mengerti keinginan untuk memiliki jutaan dolar, ada kemerdekaan di sana. Tapi begitu Anda sudah jauh melampau itu, aku harus mengatakan, rasanya tetap sama,” imbuh Gates yang sudah menyumbangkan banyak uang bagi kemanusiaan ini.

 

 

 

 

 

 

Baca Juga

Tak Ada Lagi Foto Mischa Chandrawinata di Instagram, Jessica Mila Bantah Putus

Jakarta – Hubungan Jessica Mila dan Mischa Chandrawinata sudah terjalin cukup lama. Namun akhir-akhir ini, ...