Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Meski Kalah di Praperadilan, Proses Penyidikan Masih Bisa dilakukan KPK

Meski Kalah di Praperadilan, Proses Penyidikan Masih Bisa dilakukan KPK

25.korupsi gedung kpk

Sudah tiga kali Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengalami kekalahan dalam sidang praperadilan. Pertama, Penetapan tersangka Budi Gunawan dinyatakan tidak sah oleh hakim PN Jakarta Selatan, Sarpin Rizaldi, pada 16 Februari 2015.

Kemudian, pada 13 Mei 2015 hakim PN Jakarta Selatan, Yuningtyas Upiek K, mengabulkan permohonan praperadilan yang diajukan mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin. Hakim beralasan dengan mempertimbangkan banyaknya bukti tidak asli yang diajukan KPK pada saat pemeriksaan berkas di praperadilan. Juga menurut hakim, KPK tidak bisa menunjukkan bukti bahwa telah memeriksa ilham sebagai tersangka.

Sementara yang terakhir pada 26 Mei 2015, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengabulkan permohonan praperadilan yang diajukan mantan Direktur Jenderal Pajak Hadi Poernomo terhadap KPK. Dalam putusannya hakim menyatakan kalau penyelidik dan penyidik KPK tidak sah karena bukan berasal dari Polri dan Kejaksaan.

Apa yang dialami KPK ternyata menimbulkan perhatian dari berbagai kalangan.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat mengatakan bahwa kekalahan KPK dalam sidang praperadilan tidak serta merta menggugurkan tindak pidana yang disangkakan. Menurutnya, KPK masih bisa melakukan penyidikan dari awal dengan langkah yang sesuai aturan.

Praperadilan itu, sambungnya, hanya menentukan apakah penentuan sebagai tersangkanya itu sah atau tidak. Namun tidak menghilangkan arti tindak pidana itu sendiri.

“Jadi, tidak berarti terus harus berhenti,” tuturnya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/5).

Arif kemudian Menjelaskan bahwa di dalam putusan MK, hakim menganggap penetapan tersangka menjadi obyek prapera

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...