Home / Tekno / Internet / Microsoft Terbuka Dengan Ide Windows Open Source

Microsoft Terbuka Dengan Ide Windows Open Source

Microsoft

Saat memilih sistem operasi (operating system) untuk komputer, kebanyakan orang akan memilih Windows. Hal ini karena kebanyakan software diciptakan untuk Windows dan sistem operasi itu telah mendominasi pasar konsumen dan perusahaan selama bertahun-tahun sehingga sulit bagi para pengguna untuk beralih ke berbagai platform.

Saat ini Microsoft memperoleh penghasilan salah satunya dengan OEM di mana pabrikan komputer harus membayar uang lisensi bila mereka ingin menggunakan sistem operasi itu di komputer mereka. Nah, bisakah suatu hari Microsoft mempertimbangkan untuk membuat Windows menjadi open source dan mengratiskan sistem operasi mereka. Menurut Mark Russinovich, salah satu teknisi atas di Microsoft, jawabannya adalah ya.

“Hal itu benar-benar mungkin. Itu adalah Microsoft baru,” kata Russinovich. Akan tetapi kita harus mengingat bahwa hal itu belum tentu terjadi segera, tapi bahwa Microsoft tidak menolak ide ini. Sekarang beberapa orang mungkin penasaran kenapa Microsoft mempertimbangkan membuat Windows open source?

Salah satu alasan yang dianggap masuk akal adalah jika OS ini gratis atau open source, semakin banyak pengguna ingin menggunakannya, lebih banyak pengembang akan mencoba dan membentuk OS itu sesuai kreativitas mereka, sehingga akan menarik lebih banyak pengguna. Penghasilan masih mungkin diperoleh karena perusahaan besar masih perlu mereka untuk memaketkan, mendistribusikan dan mengupdate platform itu. Cara yang sama juga dipaka oleh Linux.

Sumber: Ubergizmo.

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...