Home / Berita / Dunia / Militer Cina dilarang Pakai Jam Internet

Militer Cina dilarang Pakai Jam Internet

militer cina

Salah satu koran lokal Cina menuliskan, Pemerintah Cina melarang anggota militer mereka menggunakan jam tangan yang terkoneksi internet alias smartwatch. Larangan penggunaan jam tangan pintar ini sesungguhnya merupakan kelanjutan dan tak jauh beda dengan larangan penggunaan ponsel pintar.

Pelarangan ini sendiri berawal ketika salah satu personel militer Cina mendapat bungkusan hadiah ulang tahun berupa jam tangan pintar atau smartwatch. Sejak awal Mei ini, maka larangan ini berlaku efektif.

Seperti dikutip dari surat kabar lokal, PLA, pimpinan militer Cina semakin yakin untuk memberlakukan larangan ini, setelah mendapat laporan pada bulan lalu seorang prajurit mencoba mengambil foto rekannya saat sedang bertugas di wilayah timur Kota Nanjing, Cina.

Ada alasan kenapa akhirnya keluar larangan. Karena Pemerintah Cina menyadari kalau hal ini mampu membocorkan rahasia dan isu-isu strategis kenegaraan.

“Penggunaan peralatan nirkabel yang tersambung internet, termasuk pendeteksi lokasi, dan fungsi telepon merupakan bentuk pelanggaran apabila digunakan dalam kegiatan militer,” ujar seorang sumber dari militer Cina yang tidak disebutkan identitasnya.

Untuk lebih diketahui lebih luas, pihak militer Cina saat ini sedang gencar melakukan sosialisasi akan larangan baru ini. Mereka berdalih, penggunaan segala gadget nirkabel yang terkoneksi internet sangat rawan untuk dilacak oleh pihak musuh.

Pelarangan ini pun ditanggapi oleh pihak luar sebagai hal yang positif. Seorang pakar militer dari Lembaga Pertahanan Inggris Peter Quentin menyebut bahwa ada benarnya larangan di Cina ini diberlakukan. Seiring perkembangan teknologi, sambungnya, sangat mungkin adanya penyalahgunaan fungsi atau fitur dari sebuah perangkat teknologi, termasuk jam tangan pintar ataupun ponsel.

“Makanya bagaimanapun hal ini memang perlu dikontrol,” katanya kepada BBC.

Lalu, bagaimana dengan militer Indonesia sendiri? Akankah coba menerapkan juga aturan seperti itu?

 

 

Baca Juga

Tol Cisumdawu Tembus Bukit Ditarget Nyambung April 2019

Bandung – Pemprov Jabar menargetkan pembangunan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ...