Home / Berita / Dunia / Militer Filipina Diserang Abu Sayyaf, 18 Tentara Tewas!

Militer Filipina Diserang Abu Sayyaf, 18 Tentara Tewas!

“Ada 18 tentara tewas dan 5 teroris tewas. Sisanya, puluhan orang terluka” demikian laporan media Filipina.

Filipino soldiers gather at a seized camp of Abu Sayyaf militants on Jolo island in southern Philippines September 21, 2009. Philippine troops killed more than 30 Islamist militants linked to al Qaeda and overran the rebels' main base on a remote island in the south of the country, a top military commander said on Tuesday. Picture taken September 21, 2009.  REUTERS/Handout/Western Mindanao Command (PHILIPPINES POLITICS MILITARY CONFLICT) FOR EDITORIAL USE ONLY. NOT FOR SALE FOR MARKETING OR ADVERTISING CAMPAIGNS - RTR2858W

Menurut media Filipina setidaknya ada 100 sampai 150 orang anggota kelompok Abu Sayyaf terlibat pertempuran dengan militer Filipina. Inquirer.net pada Minggu (10/4/2016) melaporkan, pertempuran terjadi di kawasan Tipo Tipo dan Al-Barka Pulau Basilan Filipina Selatan.

Versi pemerintah militer Filipina, ada 18 tentara tewas dan lima teroris tewas. Sisanya, puluhan orang terluka. Tiga orang sumber yang tahu soal peristiwa tersebut mengatakan, misi tim militer adalah untuk membunuh atau menangkap komandan Abu Sayyaf bernama Isnilon Hapilon.

Nama tersebut sudah dikonfirmasi terlibat dalam berbagai serangan teroris yang terafiliasi dengan ISIS. Amerika Serikat memasukkan nama Isnilon sebagai teroris berbahaya dengan nilai hadiah US$ 5 juta. Para teroris Abu Sayyaf diyakini memiliki senjata berat, bahkan peluncur granat berjenis M203.

Seorang juru bicara dari tentara Filipina yang ikut penyerbuan, Kolonel Benedict Manquiquis kepada radio DZRH menjelaskan pasukan Filipina saat itu sedang dalam perjalanan menuju lokasi kelompok Abu Sayyaf. Tiba-tiba di tengah jalan, mereka disergap lebih dulu oleh kelompok ekstrem tersebut.

Kelompok kami sedang dalam perjalanan untuk menyerang mereka. Saat di perjalanan, mereka disergap. Musuh berada dalam posisi yang lebih tinggi. Jadi di mana pun tentara kami mencari perlindungan, mereka masih bisa terkena senjata berat dan peledak dari kelompok Abu Sayyaf” ungkap Benedict Manquiquis .

Baca Juga

Kris Jenner Buka Suara Soal Kabar Kehamilan Kylie Jenner

Jakarta – Kabar Kylie Jenner hamil empat bulan tengah santer beredar. Berita yang masih simpang ...

One comment

  1. Agus Chu

    belajar ama army indonesia