Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Minuman Beralkohol Menyebabkan Kanker Mulut dan Tenggorokan

Minuman Beralkohol Menyebabkan Kanker Mulut dan Tenggorokan

mabuk

Minuman beralkohol apapun jenisnya, memiliki bahaya yang jauh lebih serius dibandingkan dengan manfaatkan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal medis internasional Oral Oncology  mengungkapkan, alkohol menyebabkan kaker mulut, kanker tenggorokan, dan kanker laring. Demikian dikutip dari laman DNA India.

Studi ini mempelajari kaitan antara konsumsi minuman beralkohol dengan  kanker di saluran aerodigestive atas (UADT). Saluran ini meliputi rongga mulut, faring, laring, dan esofagus. Kanker di saluran ini diketahui paling umum dan sering berujung kematian. Dan, seringkali bahaya alkohol yang menimbulkan efek kanker ini terasa ditutupi dan tidak diungkapkan seperti halnya bahaya merokok.

“Industri alkohol memiliki lobi kuat, yang menolak studi sebelumnya karena ukuran sampel kecil. Dalam studi ini, sebuah meta – analisis studi epidemiologi yang diterbitkan sampai dengan 30 Juni 2013 betul-betul dipertimbangkan, ” kata Dr Pankaj Chaturvedi, ahli bedah kanker mulut pada rumah sakit kanker Tata Memorial di Parel.

Dalam laporan Lancet dan WHO disebutkan, ada sekitar 2 miliar alkoholik di seluruh dunia dan 76,3 juta di antaranya mengalami 60 jenis penyakit yang berhubungan dengan alkohol. Kematian alkohol setiap tahun mencapai 1,8 juta jiwa. Sementara itu, studi ini menyimpulkan bahwa peminum berat lebih berisiko terhadap kanker di saluran UADT. Peminum mesti mengurangi takaran atau lebih baik berhenti sama sekali untuk menutup kemungkinan mengalami kanker.

“Sangat disayangkan bahwa alkohol tidak diakui sebagai zat karsinogenik (penyebab kanker). Kita berbicara tentang aspek-aspek lain yang berhubungan dengan alkohol seperti masalah sosial, tetapi tidak pernah berbicara tentang hal itu sebagai alasan utama di balik terjadinya kanker,” ungkap Dr Gupta PC dari Healis – Sekhsaria Institute for Public Health , Mumbai Healis – Sekhsaria Institute for Public Health, Mumbai.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...