Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Miris! Pesawat Hercules yang Jatuh di Medan Ternyata Usianya Sudah Tua, 50 Tahun

Miris! Pesawat Hercules yang Jatuh di Medan Ternyata Usianya Sudah Tua, 50 Tahun

Pesawat-HerculesC130-Jatuh-Medan1

Pesawat militer Indonesia atau kerap disebut Hercules, jatuh dan menabrak sebuah hotel dan rumah di Medan, Sumatra Utara, pada Selasa (30/6). Akibatnya, sebanyak 30 orang dinyatakan tewas.

Dunia penerbangan terutama TNI AU berduka. Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemudian memberi perhatian serius atas jatuhnya pesawat Hercules TNI AU di permukiman penduduk di Jl Djamin Ginting, Medan, Sumatera Utara. Ia meminta usia pesawat dan alutsista dievaluasi.

“Evakuasi korban pesawat Hercules harus diutamakan. Selanjutnya evaluasi usia pesawat dan alutista. Semoga kita dijauhkan dari musibah,” ungkap Presiden lewat akun Twitternya @Jokowi hari Selasa (30/6).

Tak lupa Jokowi juga menyampaikan belasungkawa atas nama dirinya dan keluarga. Ia berdoa keluarga para korban diberikan kesabaran dan kekuatan.

“Evakuasi korban pesawat Hercules harus diutamakan,” imbuh Jokowi.

Hingga malam ini, proses evakuasi Hercules C-130 dengan nomor registrasi A1310 masih dilakukan. Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Agus Supriyatna sudah ada di lokasi memantau langsung.

KSAU menyatakan ada 49 jenazah yang telah dievakuasi dari lokasi jatuhnya pesawat Hercules di Medan, Sumatera Utara. Dari jumlah itu, 23 di antaranya sudah diidentifikasi.

KSAU sebelumnya menyebut pesawat angkut itu sudah berusia tua. Meski demikian, dia mengklaim pesawat itu layak terbang.

“Hercules itu diketahui buatan tahun 1964,” kata Agus.

Hal yang sama juga diungkapkan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Dirinya atas nama pemerintah mengucapkan belangsungkawa pada tragedi Hercules.

“Tentu pemerintah, saya sendiri mengucapkan belasungkawa atas kecelakaan yang terjadi pada Hercules tadi siang,” ungkap JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (30/6).

JK mengakui kalau pesawat yang jatuh di Medan tersebut adalah pesawat tua dan berumur sekitar 50 tahun.

“Tapi ini mau diretrofit. Semua memang kita punya 20 Hercules. Kita, tentara itu baru beli pesawat tahun 50-60, waktu zamannya Bung Karno dan zaman Jenderal Yusuf. Tahun 60 itu awal-awal Hercules,” jelasnya.

Sementara itu Mantan kepala staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal (Purn) Chappy Hakim merasa prihatin dengan kejadian jatuhnya pesawat Hercules C-130 TNI AU yang jatuh di Medan, Selasa (30/6). Apalagi, ia tahu bahwa pesawat angkut tersebut buatan 1964.

“Menyedihkan Sekali……………..speechlesssssss,” katanya melalui akun Twitter, ‏@chappyhakim.

Chappy merasa heran, mengapa pesawat tua masih dimiliki TNI AU. Keheranannya makin tinggi lantaran pesawat itu masih menjadi andalan TNI AU.

“Pesawat yang sudah lebih dari 50 tahun terbang di AURI………….speechlessssssss,” imbuhnya.

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...