Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Ibu Kota / Misteri Arah Tangan Patung Pancoran, Benarkah ke Tempat Rahasia Harta Karun Bung Karno

Misteri Arah Tangan Patung Pancoran, Benarkah ke Tempat Rahasia Harta Karun Bung Karno

Misteri Arah Tangan Patung Pancoran, Benarkah ke Tempat Rahasia Harta Karun Bung Karno

Misteri Arah Tangan Patung Pancoran, Benarkah ke Tempat Rahasia Harta Karun Bung Karno? Banyak orang yang wara-wiri melewati Patung Pancoran, namun sedikit yang coba untuk mencari tahu misteri terkait patung pancoran itu. Patung Dirgantara atau yang lebih dikenal dengan nama Patung Pancoran merupakan salah satu patung yang menjadi landmark atau simbol penanda kota di Jakarta yang terkenal.

Patung Pancoran yang di bangun pada masa pemerintahan Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno, memiliki tinggi 11 meter dengan tinggi kaki patung mencapai 27 meter. Patung yang dirancang oleh pematung asal Yogyakarta bernama Edhi Sunarso ini dibangun atas permintaan Bung Karno.

Satu hal menarik dan selalu menjadi misteri dari patung ini adalah mengenai arah acungan tangan dari Patung Pancoran ini. Banyak spekulasi yang berkembang di masyarakat mengenai kemana arah sebenarnya Patung Pancoran ini menunjuk. Konon dikabarkan bahwa Patung Pancoran menunjuk ke tempat rahasia dimana Bung Karno meletakkan harta kekayaannya.

Kabar lain juga menceritakan bahwa patung ini menghadap ke Pelabuhan Sunda Kelapa yang merupakan jantung peradaban bangsa Indonesia selama di jajah Belanda. Akan tetapi seperti yang dilansir Liputan6, tangan patung ini sebenarnya menunjuk ke arah utara tempat Bandar Udara Internasional Kemayoran berada.

Bandar Udara Internasional Kemayoran merupakan bandara internasional pertama yang dimiliki Jakarta. Bandar Udara tersebut berfungsi melayani seluruh rute penerbangan domestik dan internasional pada masanya, sebelum akhirnya dipindah ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Selain menunjuk ke arah utara, patung ini juga dibangun di depan kompleks perkantoran Wisma Aldiron Dirgantara yang dulunya merupakan Markas Besar TNI Angkatan Udara. Posisinya juga sangat strategis karena merupakan monumen penyambut bagi para pendatang yang baru saja mendarat di Bandar Udara Halim Perdanakusuma.

Lebih lanjut, Patung Dirgantara dibangun dengan maksud untuk menunjukkan keperkasaan bangsa Indonesia di bidang dirgantara. Penekanan dari desain patung tersebut berarti bahwa untuk mencapai keperkasaan, bangsa Indonesia mengandalkan sifat-sifat jujur, berani dan bersemangat.

Below Article Banner Area

Baca Juga

ahok-sindir-anies-baswedan-soal-kip

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...