Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Artikel Kesehatan / Mitos atau Fakta, Kacang Tanah Penyebab Jerawat?

Mitos atau Fakta, Kacang Tanah Penyebab Jerawat?

mitos-atau-fakta-kacang-tanah-penyebab-jerawat_670x310

Anda tentunya pernah mendengar anggapan yang mengatakan bahwa kacang dapat memicu terjadinya jerawat. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa hal ini ternyata hanya merupakan suatu mitos belaka? Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal yang sebenarnya dapat memicu terbentuknya jerawat.

 

Faktor Genetika

Jika ada anggota keluarga Anda yang memang memiliki banyak jerawat pada masa mudanya, maka Anda pun kemungkinan besar akan mengalami hal yang sama.

 

Perubahan Kadar Hormon

Perubahan kadar hormonal biasanya terjadi ketika seseorang memasuki masa pubertas atau saat seorang wanita sedang atau akan memasuki masa menstruasi. Saat seseorang memasuki masa pubertas, maka produksi hormon seksnya pun akan meningkat yang menyebabkan produksi minyak oleh kelenjar minyak pun akan meningkat, yang dapat memicu timbulnya jerawat. Perubahan kadar hormonal yang juga terjadi sebelum dan selama masa menstruasi juga dapat memicu timbulnya jerawat.

Kelenjar Minyak Terlalu Aktif

Kelenjar minyak dapat menjadi terlalu aktif karena Anda mengkonsumsi makanan yang salah atau memang Anda dilahirkan dengan kelenjar minyak yang demikian. Dengan demikian, Anda pun memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami penyumbatan pada folikel rambut dan pori-pori kulit, yang menyebabkan terbentuknya jerawat.

 

Penumpukkan Sel Kulit Mati

Sel kulit mati yang menumpuk akan menyebabkan tersumbatnya folikel rambut dan pori-pori kulit. Hal ini dapat menyebabkan terbentuknya jerawat dan komedo.

 

Adanya Bakteri di Dalam Pori-pori Kulit

Bakteri yang berada di dalam pori-pori kulit dapat menyebabkan munculnya jerawat. Propionibacterium acnes (P. acnes) merupakan bakteri yang sering menyebabkan terjadinya jerawat.

Demikian, kacang tanah bukanlah penyebab munculnya jerawat. Malah kacang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan lho!

 

Sumber: dokter.id

Below Article Banner Area

Baca Juga

vaksin-palsu-bayi-

Kasus Vaksin Palsu; Polisi beberkan : ada Oknum Dokter yang Cari Vaksin Palsu di Pasar Pramuka & Jatinegara

  Polisi membeberkan kalau lokasi pencarian vaksin yang dilakukan oleh oknum dokter di Rumah Sakit ...