Home / Otomotif / Mobil / Mobil Batman Sudah Dapat Perlindungan Hak Cipta

Mobil Batman Sudah Dapat Perlindungan Hak Cipta

Anda sudah tidak bisa lagi membuat replika Batmobile, karena sudah mendapat perlindungan hak cipta.

Kini Batmobile Dapat Perlindungan Hak Cipta

Seperti yang diketahui jika Batmobile adalah salah satu kendaraan unik yang tidak terhitung replikanya. Merasa dirugikan, DC Comic meminta mobil milik Batman ini diberikan hak cipta. Seperti yang dilansir MSN, pengadilan federal Amerika Serikat (AS) memutuskan Batmobile berhak atas perlindungan hak cipta.

Ini membuat mobil tidak bisa direplikasi seenaknya tanpa izin dari DC Comic selaku pemegang hak cipta. Tentu tidak semua yang mengklaim sebagai Batmobile akan terkena teguran. Apa yang dimaksud sebagai replika Batmobile dalam putusan itu adalah mobil yang mulus dan kuat yang memungkinkannya bermanuver dengan cepat.

“Seperti yang Batman katakan pada Robin: dalam masyarakat kita sekarang, perlindungan hak milik pribadi sangat penting” ujar hakim Sandra.

Keputusan ini muncul setelah DC Comic menggugat Mark Towle, produsen replika Batmobile. Menurut mereka, Towle mendapat banyak keuntungan dengan menjual Batmobile seharga US$ 90 ribu atau sekira Rp 1,2 miliar per unit. Sementara menurut Larry Zerner pengacara Towle, Batmobile pada dasarnya tidak bisa dilindungi oleh hak cipta karena alasan yang kuat.

“Karakter eksis hanya di buku komik, film, dan acara televisi. Mereka tidak eksis di dunia nyata. Di dunia nyata, Batmobile hanyalah sebuah mobil biasa” katanya.

 

Baca Juga

Berapa Biaya Rio Sekali Balapan di F1?

Berapa biaya Rio Haryanto sekali balapan di F1 2016? Seperti yang diketahui jika Rio Haryanto ...