Home / Olahraga / Balap / Motor Baru Marquez Jadi Lemot, Kena Hukum Karma?

Motor Baru Marquez Jadi Lemot, Kena Hukum Karma?

Marc Marquez mengeluh mengenai kecepatan motor barunya, Honda RC213V  yang kini menjadi lambat saat sesi latihan di Valencia Spanyol.

Motor Baru Marquez Jadi Lemot, Kena Hukum Karma

Rupanya hal yang dikeluhkan Marquez adalah Electronic Control Unit (ECU). ECU adalah sebuah alat yang berfungsi untuk melakukan optimasi kerja mesin kendaraan. Ada tiga fungsi ECU, yakni mengontrol injeksi bahan bakar, mengontrol pengapian dan mengontrol waktu katup.

“ECU yang baru sangat berbeda. Yang digunakan untuk tahun depan memakan banyak waktu. Ketika saya melaju lima lap, Anda harus berhenti setengah jam agar motor bisa menyesuaikan” ungkap Marquez, seperti yang dilansir dari AS.

Selain ECU, pembalap yang terlibat insiden dengan Valentino Rossi di Sepang Malaysia itu juga mempunyai masalah dengan ban baru yang digunakan untuk tahun depan yakni Michelin.

“Sudah dua hari saya melakukan pengujian dan motor masih lambat. Saya mengatakan lambat karena kami belum mencoba banyak hal. Tapi ECU, ban dan mesin masih bermasalah”

“Gara-gara ECU baru, mesin juga menjadi lebih sulit seperti tidak ada reaksinya. Kami belum mengerti dan harus secepatnya menyesuaikan diri” tambah Marquez.

Alhasil raider berusia 22 tahun tersebut mengatakan jika dia dan tim Honda Repsol harus bekerja lebih ekstra keras agar bisa memahami karakteristik ECU yang baru. Selama dua hari menjalani tes, Marquez melihat kemajuan.

Baca Juga

Klasemen Baru & Poin Rossi di MotoGP 2016

Setelah balapan di Sepang ada perubahan pada poin Rossi, Lorenzo & Marquez pada klasemen MotoGP ...