Home / Tekno / Gadget / Mozilla Sarankan para Pengguna Perbarui Firefox Karena Ada “Iklan Jahat”

Mozilla Sarankan para Pengguna Perbarui Firefox Karena Ada “Iklan Jahat”

mozilla-firefox1780x390_20141204_180025

Bagi Anda yang sering melakukan surfing di dunia maya, mungkin saran ini perlu juga dilakukan. Seperti diketahui ternyata ada bug berbahaya menyerang aplikasi built-in PDV Viewer pada Firefox. Untuk itu Mozilla imbau para pengguna segera memperbarui Firefox.

 

Mozilla awal pekan ini sudah diperingatkan oleh peneliti keamanan Cody Crews mengenai celah keamanan di peramban Firefox. Sebab katanya, ada sebuah iklan jahat pada situs berita Rusia yang mengeksploitasi aplikasi built-in PDF Viewer di Firefox.

Sehingga akibatnya, Firefox akan mencari file-file sensitif secara otomatis pada sistem software. Setelah itu, file-file tersebut disinyalir akan diunggah ke server Ukraina.

Meski demikian, jangan khawatir. Seperti dilansir Nextren, Selasa (11/8) dari ZDNet, eksploitasi tersebut telah diperbaiki pada Firefox 39.0.3 dan Firefox ESR 38.1.8.1.

Oleh karena itu, para pengguna Firefox, diimbau untuk segera memutakhirkan software-nya.

“Celah ini datang dari interaksi mekanisme yang memisahkan JavaScript dengan Firefox PDF Viewer. Eksploitasi ini mampu menginjeksi JavaScript dan memungkinkan sistemnya mencari sekaligus mengunggah file-file tertentu,” ujar Kepala Keamanan Mozilla Daniel Veditz.

Karena bug jahat ini cuma menyerang built-in PDF Firefox, sehingga aplikasi Firefox yang tak menyediakan fitur tersebut tidak perlu khawatir. Contohnya Firefox untuk Android. Penggunanya tetap bisa mempertahankan versi Firefox-nya, jika belum ingin memutakhirkan ke versi yang lebih baru.

Disamping itu, pengguna Mac juga tak perlu khawatir sebab dilaporkan tak terjangkit bug bersifat propaganda ini. Tapi, Veditz tetap memperingati adanya kemungkinan celah keamanan yang akan menyerang Mac lewat jalur lain yang belum teridentifikasi.

 

 

 

 

Baca Juga

Ngeri! Rekaman CCTV Saat Rampok Minimarket di Bogor Beraksi

detikFlash Pelaku pencurian dengan kekerasan terjadi di sebuah minimarket yang beralamat di Mercedes Baru RT ...