Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Bisnis / Artikel / Muncul Jual Beli Ginjal, RSCM Kecolongan?

Muncul Jual Beli Ginjal, RSCM Kecolongan?

“Ini bukan masalah kecolongan atau tidak kecolongan. Dan rumah sakit bukan pihak tertuduh” tegas dr Czeresna Heriawan Soejono.

Jual Beli Ginjal RSCM

Dalam keterangannya Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Czeresna Heriawan Soejono tak memungkiri permintaan transplantasi ginjal selama beberapa tahun terakhir meningkat. Namun ia enggan menyebutkan berapa persen kenaikan permintaan tersebut.

“Meningkat, yang terakhir itu 2015 sekitar ada 120 lebih” ungkap Heriawan di RSCM Kencana Jakarta Pusat, Kamis (4/2/16).

Meski meningkat, ia menegaskan pihak rumah sakit tidak serta-merta menuruti permintaan tersebut. Bahkan ada sekitar 30 persen pendonor ditolak lantaran dianggap tidak layak untuk menjadi pendonor.

“Pokoknya dengan ketatnya prosedur yang ada, mungkin ada sekitar 30 persen yang kita tolak karena tidak sesuai” tambah Heriawan, seperti yang dilansir Liputan6.

RSCM menegaskan bahwa pihaknya tidak kecolongan saat muncul kasus dugaan tindak pidana penjualan orang (TPPO) bermodus penjualan organ tubuh berupa ginjal. Menurut dia, pihak rumah sakit bukanlah pihak tertuduh dalam kasus tersebut.

“Ini bukan masalah kecolongan atau tidak kecolongan. Dan rumah sakit bukan pihak tertuduh” tegas Heriawan.

Dijelaskan Heriawan, pihaknya tidak sembarangan dalam melakukan proses donor ginjal. Ada berbagai verifikasi yang harus dilewati, termasuk untuk pendonor ke penerima ginjal. “Apakah yang bersangkutan benar-benar membutuhkannya” pungkasnya.

Below Article Banner Area

Baca Juga

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...