Home / Berita / Dunia / Munir Jadi Nama Jalan di Den Haag Belanda, Suciwati Istri Munir Ikut Meresmikan

Munir Jadi Nama Jalan di Den Haag Belanda, Suciwati Istri Munir Ikut Meresmikan

Munir Jadi Nama Jalan di Den Haag, Suciwati Ikut Meresmikan

Munir Jadi Nama Jalan di Den Haag Belanda, Suciwati Istri Munir Ikut Meresmikan. Nama aktivis hak asasi manusia (HAM), Munir Said Thalib rupanya cukup dihargai di negara lain. Salah satunya adalah Negeri Kincir Angin Belanda, hingga nama Munir diabadikan sebagai nama jalan di Kota Den Haag pada 14 April 2015. Peresmian nama jalan ini akan dihadiri oleh istri almarhum Munir, Suciwati.

“‎Pemerintah Kota Den Haag di Belanda, melalui Walikota Den Haag akan meresmikan Munirpad, sebuah jalan sepeda pada 14 April 2015” ungkap Direktur Eksekutif Imparsial Pungki Indarti di Kantor Kontras Jakarta, Sabtu (11/4/2015).

Nama lengkap‎ jalan tersebut adalah Munirpad, Indonesische voorvechter van de bescherming de rechten van de mens (Jalan Munir, Advokat pejuang HAM). Munir tidak akan sendirian, ia akan ditemani tokoh-tokoh pejuang HAM lainnya.

Jalan ini berada dalam kompleks yang juga menempatkan para pejuang HAM lainnya di dunia, seperti Marthin Luther King, Nelson Mandela, Salvador Allende, serta Bunda Theresa” tambah Pungki.

Sementara itu istri Munir, Suciwati menambahkan jika Jalan Munir sudah digulirkan sejak 2011 lalu oleh otoritas Belanda. Ia mengakui proses itu memakan waktu lama karena butuh rapat untuk menyiapkan lahan. Penghargaan yang diberikan oleh Belanda dianggap Suciwati sebagai bentuk peringatan keras bagi pemerintahan Jokowi-JK.

Ini warning buat negara kita karena negara kita abai pada penegakan HAM. Penegakan HAM hanya alat meraih kekuasaan, hanya lip service. Kita lihat pelanggar HAM masih eksis. Ini ironis, negara luar yang beri penghargaan, malah negara sendiri beri ruang untuk para pelaku yang diduga membunuh Munir. Orang yang dipenjara pun malah dapat pembebasan bersyarat” ungkap Suciwati.

Baca Juga

Cara Mentan Gandeng Pesantren Bangun Sektor Pertanian

Bandung – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mendorong pesantren menjadi salah satu penggerak pemberdayaan ekonomi ...