Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Museum di Indonesia Akhirnya Punya Hari Ultah yakni Setiap 12 Oktober

Museum di Indonesia Akhirnya Punya Hari Ultah yakni Setiap 12 Oktober

Museum Bank Indonesia

Kota Malang, Jawa Timur, Selama tiga hari sejak 26 hingga 28 Mei 2015 diramaikan oleh pertemuan nasional Museum se-Indonesia. Dihadiri sebanyak 250 pengelola museum di seluruh Indonesia, tema yang diusung adalah ‘Membangun Kualitas dan Kemandirian Museum’.

Menurut Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hari Widianto”Dalam pertemuan itu, akan membahas isu-isu dan paradigma baru dalam dunia permuseuman, untuk memajukan permuseuman di Indonesia.”

Disamping itu, lanjut Hari, yang utama dari pertemuan tersebut adalah deklarasi Hari Nasional Museum Indonesia yang ditetapkan jatuh pada 12 Oktober.

Ditetapkannya tanggal tersebut sebagai Hari Nasional Museum Indonesia didasarkan atas Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang pertama yang diselenggarakan pada 12-14 Oktober 1962 di Yogyakarta. Saat itu, pertemuan tersebut menghasilkan 10 resolusi penting bagi permuseuman.

“Museum sebagai simbol memperkuat kepribadian bangsa. Saat ini perkembangan musem cukup pesat. Sampai tahun 2014, sudah ada 365 museum yang terdaftar di Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman,” ungkap Hari.

Kota Malang sengaja dipilih karena di kota ini ada tiga museum baru yang cukup spektakuler, serta patut dikembangkan dan dikenal di level nasional. Ketiga museum tersebut adalah Museum Malang Tempo Doeloe, Museum Angkut dan Museum D’ Topeng.

Tiga museum itu, sambungnya, dikelola secara mandiri dan berorientasi pada pelayanan bagi masyarakat. Museum cukup luar biasa dan patut dicontoh museum lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...