Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Nahdlatul Ulama Akan Usulkan Hari Lahir Pancasila, Ini Alasannya

Nahdlatul Ulama Akan Usulkan Hari Lahir Pancasila, Ini Alasannya

Saifullah Yusuf

Apel Besar Hari Lahir ke-93 Nahdlatul Ulama (NU) yang dilakukan di Candrawilwatikta Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur pada Sabtu (30/4) akan mengusulkan Hari Lahir Pancasila.

“NU sudah melakukan kajian akademik menentukan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila, dan akan diusulkan kepada pemerintah bersamaan dengan apel besar,” kata Ketua PBNU Saifullah Yusuf kepada wartawan di Surabaya beberapa hari lalu seperti dikutip dari Antara.

Menurutnya, saat ini hanya ada Hari Kesaktian Pancasila, sementara hari lahirnya belum ada sehingga kajian dan naskah akademik yang sudah dilakukan NU dinilainya sangat tepat.

Di dalam naskah akademik, sambungnya, di antaranya NU berpendapat bahwa Pidato Soekarno pada 1 Juni 1945 adalah fakta sejarah yang tak dapat disangkal, dan Soekarno adalah penggali Pancasila.

“Agar momentum kesejarahan itu tidak hilang maka 1 Juni harus menjadi Hari Kelahiran Pancasila,” kata Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Naskah akademik itu, sambungnya, bakal dibacakan pengurus PBNU di hadapan putri mantan Presiden Soekarno, Megawati Soekarnoputri yang dihadiri 10 ribu kader NU dan sejumlah perwakilan organisasi masyarakat.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...