Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Negara Lain Iri, Bangsa Sendiri Tak Melirik

Negara Lain Iri, Bangsa Sendiri Tak Melirik

menteri-perdagangan-mendag-rachmat-gobel

Sebuah ironi memang sedang terjadi di negeri ini. Disaat banyak negara berlomba-lomba membangun industri di Indonesia, tapi justru bangsa sendiri seolah cuek.

“Kenapa negara lain termasuk Jepang mau berinvestasi ke Indonesia sejak 54 tahun lalu? Kita bisa tanya, pasti dia bilang Indonesia punya sumber daya alam, dan jumlah masyarakat yang menjadi pasar yang besar,” tutur Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, dalam diskusi ‘Tantangan dan Peluang Sektor Perdagangan’ di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (16/5).

Dengan peluang yang besar itu, Indonesia menjadi negara yang sempurna untuk menjadi negara industri.

Bahan baku, sambung Gobel, di sisi produksi dan jumlah penduduk di sisi pasar sama-sama tersedia melimpah. Itu yang bikin negara lain iri dengan Indonesia.

Menteri justru menyayangi peluang ini bertahun-tahun lamanya tak dilirik bangsa Indonesia sendiri. Sejak zaman dulu, bangsa Indonesia senang mengonsumsi barang impor. Sehingga kondisi ini menimbulkan efek berantai, yaitu semakin banyak pelaku usaha yang lebih senang menjadi pedagang, atau importir.

Meski demikian, Menteri Gobel percaya kalau kondisi itu bukanlah akhir dari segalanya. Pemerintah masih bisa melakukan perbaikan.

“Tidak cukup mengeluhkan masa lalu. Tapi bagaimana kita melakukan sesuatu saat ini untuk memperbaikinya,” ujarnya.

Agar benar-benar perbaikan bisa dilakukan, pemerintah membutuhkan dukungan dari masyarakat. Dukungan yang dimaksud bisa dimulai, dengan memberikan kepercayaan atas berbagai kebijakan pemerintah tersebut terutama di bidang industri dan perdagangan.

“Kenapa saya bilang butuh kepercayaan, karena industri dan perdagangan itu tidak bisa sekarang kita bangun besok akan butuh. Tapi kita harus melihat jangka panjang,” ungkapnya.

Waktu saya di Kadin (Kamar Dagang dan Industri), lanjutnya, waktu saya masih menjadi‎ pengusaha, saya pernah menyusun program apa saja yang harus dilakukan 5-10 tahun ke depan. Bagaimana di tahun 2030 Indonesia bisa menjadi negara industri yang kuat. Saat ini saya dipercaya menjadi menteri, dan akan saya jalankan rencana yang dulu pernah saya buat.

Disamping kepada masyarakat luas, Menteri Gobel juga mengajak kepada para pengusaha untuk tidak hanya berkeluh kesah atas kebijakan pemerintah tetapi juga memberikan kontribusi dengan melakukan langkah nyata terjun ke sektor produksi dan tidak hanya bermain di sektor perdagangan.

 

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...