Home / Berita / Ibu Kota / Nelayan Segel Pulau Reklamasi Teluk Jakarta!

Nelayan Segel Pulau Reklamasi Teluk Jakarta!

Spanduk bertuliskan: ‘Segel dan Hentikan Reklamasi Teluk Jakarta’.

Nelayan Segel Pulau Reklamasi Teluk Jakarta!

Para nelayan dari Muara Angke Jakarta,  telah sampai di salah satu pulau yang akan direklamasi yakni Pulau G. Mereka pun segera menggelar aksi simbolis penyegelan pulau tersebut, Minggu (17/4/2016). Para nelayan tiba pukul 10.00 WIB.

Mereka yang naik kapal kecil langsung mendarat dan mebawa bendera serta spanduk bertuliskan, ‘Segel dan Hentikan Reklamasi Teluk Jakarta’. Dari kapal-kapal yang mereka tumpangi, para nelayan itu harus menuju kapal tongkang lebih dulu untuk bisa merapat ke Pulau G.

Selanjutnya, mereka langsung duduk bersila beralaskan pasir. Seorang ibu yang sehari-hari sebagai nelayan bahkan menguburkan kakinya di pasir sebagai wujud penolakan terhadap reklamasi. Salah satu nelayan, sempat menyindir Gubernur Jakarta Basuki T Purnama.

“Turunkan Ahok, jangan cuma teori kamu. Jaring kami hancur di sini, siapa tanggung jawab” ungkap salah seorang nelayan.

Ketua Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI), Riza Damanik akhirnya dipilih untuk berorasi. Dalam orasinya, dia menyatakan jika pulau G telah disegel. Dia meminta Jokowi sebagai presiden menghentikan reklamasi pantai di utara Jakarta.

“Atas tegaknya konstitusi kita dan atas dasar pemahaman kita, oleh sebab itu 17 April 2016 tepat di Teluk Jakarta, di hadapan perkampungan Muara Angke, tepat di atas pulau palsu, Pulau G, kami nyatakan pulau ini disegel!” ungkap Riza Damanik.

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...