Home / Bola / Neuer, Romero, dan Navas Kandidat Kiper Terbaik Piala Dunia 2014

Neuer, Romero, dan Navas Kandidat Kiper Terbaik Piala Dunia 2014

Kandidat Kiper Terbaik Piala Dunia 2014

Selain telah merilis Daftar Kandidat Pemain Terbaik dan Pemain Muda Terbaik Piala Dunia 2014, FIFA juga tak lupa untuk mengumumkan tiga kiper yang berpeluang meraih penghargaan Adidas Golden Glove atau Kiper Terbaik Piala Dunia 2014.

Tiga nama berhasil masuk dalam daftar ini, yakni Keylor Navas, Manuel Neuer, dan Sergio Romero. Ketiganya berhasil menyingkirkan beberapa nama lain yang juga bermain bagus selama turnamen. Sebut saja seperti Guillermo Ochoa (Meksiko) dan Tim Howard (Amerika Serikat).

Sama seperti dua nominasi sebelumnya, pemenang penghargaan ini nanti akan ditentukan oleh bagaimana pandangan dari FIFA Technical Study Group. Bagaimana peluang dari masing-masing kiper?

  • Keylor Navas (Kosta Rika)

Sebelum turnamen dimulai, hampir bisa dipastikan bahwa banyak pihak menduga Kosta Rika akan menjadi lumbung gol karena mereka berada satu grup dengan Italia, Inggris, dan Uruguay. Namun, keberadaan Navas di bawah mistar gawang Kosta Rika membuat semua prediksi itu mentah.

Navas bermain gemilang dan hanya kebobolan satu gol dari ketiga tim tersebut. Itu pun hanya dari tendangan penalti Edinson Cavani. Sementara di fase knock-out, Navas berhasil membawa Kosta Rika melaju hingga perempat final sebelum disingkirkan Belanda lewat adu penalti. Sayangnya, bisa dibilang peluang Navas untuk menjadi kiper terbaik sangat kecil mengingat dua saingannya akan bermain di laga final.

  • Manuel Neuer (Jerman)

Ia memainkan semua pertandingan Jerman di turnamen sejauh ini. Dan hal itu tidak salah karena Neuer lah kiper terbaik Jerman saat ini. Data statistik menyebutkan bahwa Neuer sudah membuat 25 penyelamatan dari 6 pertandingan di Piala Dunia 2014.

Penampilan mengesankan ia tunjukkan saat Jerman bersua Aljazair di babak 16 besar. Dalam laga itu Neuer bermain dengan peran ganda, yakni kiper dan libero. Lowongnya pertahanan Jerman di pertandingan itu membuat Neuer beberapa kali harus maju hingga luar kotak penaltinya untuk sekedar menggagalkan peluang mencetak gol Aljazair.

  • Sergio Romero (Argentina)

Hanya kebobolan tiga gol sepanjang babak grup dan belum pernah memungut bola dari gawangnya selama fase knock-out membuktikan bagaimana kualitas Romero dalam menjaga gawang Argentina. Tak hanya itu, Romero menunjukkan kemampuan spesial lain yang ia miliki, yakni dalam adu penalti melawan Belanda saat ia menepis tendangan Ron Vlaar dan Wesley Sneijder.

Kenyataan itu tentu berbanding terbalik dengan kiprahnya di klub. Musim lalu ia dipinjamkan Sampdoria ke AS Monaco. Namun disana peruntungannya malah semakin buruk dengan hanya bermain 3 kali sepanjang musim. Beruntung Alejandro Sabella masih mempercayainya menjadi kiper utama Argentina. Sebuah kepercayaan yang kemudian dibalas dengan brilian oleh kiper berusia 27 tahun tersebut.

Baca Juga

Senangnya Schweinsteiger Latihan Bareng Manchester United Lagi

“Merasa luar biasa hari ini. Tim dalam kondisi yang baik, hasilnya menyusul kemudian” kata Schweinsteiger. ...