Home / Tekno / Gadget / Nintendo membeli 10% saham DeNa, incar pasar game Smartphone

Nintendo membeli 10% saham DeNa, incar pasar game Smartphone

SuperMario

Tokyo, Jepang – 17 Maret, 2015 – Dalam jumpa pers bersama, Presiden direktur Nintendo, Satoru Iwata. Dan Presiden direktur DeNa, Isao Moriyasu, mengejutkan industri teknologi dengan mengumumkan bahwa Nintendo telah beraliansi dengan DeNa, untuk membawa semua karakter (Intelectual property) IP Nintendo ke perangkat smartphone (ponsel pintar).

Ada tiga poin penting yang dirangkumkan oleh press release yang disampaikan di tautan ini.

  • Nintendo menunjuk DeNa untuk mendevelop semua karakter yang di miliki Nintendo untuk perangkat ponsel pintar (Smartphone & Smart Devices)
  • Bersama dengan DeNa, Nintendo akan membangun sebuah servis membership berbayar yang dapat diakses dari PC, Smartphones, tablet dan semua perangkat sistem gaming dari Nintendo. Membership ini rencananya akan di rilis di musim semi, 2015.
  • Nintendo akan membeli 10% dari saham DeNa, sebesar JPY22Milyar ( IDR2.3 Trilliun). Dan DeNa akan mendapatkan 1.24% dari saham Nintendo dengan harga yang sama. Pembayaran akan dilunasi pada 2 April, 2015.
Isao Moriyasu, Presiden Direktur DeNA (kiri) dan Satoru Iwata, Presiden Direktur Nintendo (kanan)
Isao Moriyasu, Presiden Direktur DeNA (kiri) dan Satoru Iwata, Presiden Direktur Nintendo (kanan) (Image Credit: TechInAsia)

Presiden direktur Nintendo – Satoru Iwata memberitahukan bahwa perbincangan dengan DeNa sudah dimulai sejak musim panas tahun 2010, namun hanya dapat dikukuhkan tahun lalu. Iwata mengakui bahwa transisi Nintendo ke smart devices tidak semulus yang diharapkan.

Kedua perusahaan optimis bahwa aliansi kali ini dapat menjadi titik terang untuk masing masing perusahaan.

Terakhir, Iwata juga membocorkan bahwa Nintendo sedang membuat sebuah proyek rahasia yang di beri kode: NX. Beliau berjanji akan memberikan keterangan lebih lanjut tahun depan.

(terinspirasi oleh artikel dari TechInAsia)

Baca Juga

Xiaomi Rilis Mi VR Untuk Beberapa Perangkat

Xiaomi mencoba kembali terjun ke dunia VR (Virtual Reality) setelah sebelumnya merilis Mi VR Play. ...