Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / Nurul Ummahat, Ponpes Perempuan di Tengah Kota Yogyakarta

Nurul Ummahat, Ponpes Perempuan di Tengah Kota Yogyakarta

[ad_1]


Nurul Ummahat, Ponpes Perempuan di Tengah Kota YogyakartaKH Abdul Muhaimin (Foto: Usman Hadi/detikcom)



Yogyakarta – Pondok Pesantren Nurul Ummahat di Kotagede, Yogyakarta, adalah salah satu ponpes yang ada di Kota Yogyakarta. Pesantren yang diasuh oleh KH Abdul Muhaimin dan istrinya, Nyai Ummi As’adah, mengkhususkan diri sebagai pesantren perempuan.

“Istri saya kan juga butuh ruang ekspresi, yang punya pesantren perempuan sendiri,” kata KH Abdul Muhaimin kepada detikcom, Minggu (22/10/2017).

Ponpes tersebut berdiri sekitar tahun 1990-an, terinspirasi saat KH Mufid dari Ponpes Sunan Pandangan Sleman menitipkan dua santri perempuan kepada Muhaimin dan As’adah. “Dalam tanpa petik itu didhawuhi (diperintah) Mbah Mufid untuk mengasuh santri,” ungkapnya.

Setelah itu Muhaimin dan As’adah mendirikan Ponpes Nurul Ummahat. Dari semula hanya hanya memiliki dua santri, kini tak kurang dari 70 orang santriwati yang mondok. Kebanyakan mahasiswa S1 dan S2 yang kuliah di Yogyakarta.

“Dari 70 santri itu yang menghafalkan al-Quran 26 santri. Kalau pesantren sini ya pondok tahfidz dan kitab kuning, khususnya tafsir untuk membentuk pemahaman yang lebih moderat,” ucapnya.

Kyai Muhaimin menerangkan, visi yang diusung pondok ini ada tiga M, yaitu modern, moderat dan manusiawi. Modern artinya para santri juga diajak menggeluti wacana-wacana gender, demokrasi, HAM, namun berbasis tafsir.

“Moderat artinya di sini semua pihak kami terima. Santri saya yang (orang) Muhammadiyah juga ada, saya tarawih 23 rakaat dia 11 rakaat saya diamkan saja, tidak apa-apa,” jabarnya.

“Kalau visi manusiawi artinya core isu kami kemanusiaan. Ya jadi santri tidak terkejut kalau ada tamu datang yang tidak punya agama sekalipun,” pungkas Kiai Muhaimin.

(mbr/mbr)

[ad_2]
Source link

Baca Juga

Si Seksi Ariel Tatum Makin Serius dengan Ryuji Utomo

[ad_1] Hot Photo Sabtu, 28 Okt 2017 08:33 WIB  ·   Palevi – detikHOT Jakarta ...