Home / Berita / Dunia / Obama Seorang Muslim, Hampir Sepertiga Warga AS Mempercayainya

Obama Seorang Muslim, Hampir Sepertiga Warga AS Mempercayainya

barack_obama_

Baru-baru ini dilakukan jajak pendapat dari CNN/ORC. Hasilnya, hampir sepertiga penduduk Amerika Serikat (AS), termasuk 43 persen dari Partai Republik, percaya bahwa Presiden Barack Obama adalah seorang Muslim.

Jajak pendapat itu juga menyatakan kalau sebanyak 13 persen penduduk AS percaya Obama lahir di luar AS. Asal-usul Obama sendiri sebenarnya pernah diperdebatkan warga AS ketika ia pertama kali maju dalam pemilihan presiden beberapa tahun lalu. Namun Obama mematahkan anggapan itu dengan menunjukkan sertifikat kelahirannya.

Hasil survei CNN/ORC yang dirilis pada Senin (14/9) silam menyatakan bahwa 29 persen dari warga AS yang disurvei percaya bahwa Presiden Obama seorang Muslim. Sedangkan 11 persen lainnya mengatakan bahwa Obama adalah bukan orang yang religius.

Selanjutnya, 14 persen lainnya tidak memiliki pendapat tentang masalah keimanan Obama. Sementara 39 persen dari responden tetap percaya Obama adalah pemeluk Protestan atau Kristen.

Di dalam survei itu ada satu pertanyaannya yakni; ”Di mana Obama lahir, sejauh yang Anda tahu?.” Jawabannya; 80 persen dari orang dewasa mengatakan Obama lahir di Amerika Serikat. 20 persen lainnya mengatakan bahwa ia lahir di luar negeri.

Terkait dengan survei tentang pribadi Obama sebenarnya bukan sekali ini muncul. Pada awal September sebuah jajak pendapat berhaluan diri dari “Public Policy Polling” (PPP) menunjukkan bahwa, 54 persen pemilih Partai Republik berpikir Presiden Obama adalah seorang Muslim. Sedangkan mayoritas responden percaya Obama lahir di Honolulu, Hawaii.

 

 

 

 

Baca Juga

Trump dan Korut Memanas, Pasar Saham AS Lesu

New York – Bursa saham Wall Street di Amerika Serikat (AS) jatuh pada perdagangan Senin ...