Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / OC Kaligis Resmi Ajukan Gugatan Praperadilan dan Lapor ke Komnas HAM

OC Kaligis Resmi Ajukan Gugatan Praperadilan dan Lapor ke Komnas HAM

Pengacara Otto Cornelis Kaligis
Pengacara Otto Cornelis Kaligis

Jakarta – Pengacara kondang OC Kaligis tidak mau menyerah begitu saja menerima status sebagai tersangka yang diberikan KPK. Merasa kecewa dengan status tersebut,  bersama tim pengacaranya, ia mengajukan gugatan prapeadilan ke KPK atas penetapannya sebagai tersangka. Selain itu, ia juga mengadu ke Komnas HAM karena merasa telah menjadi korban pelanggaran HAM.

Perlawanan hukum OC Kaligis ini disampaikan oleh pengacaranya  Afrian Bondjol  kepada wartawan di Jakarta Kamis, 23 Juli.

“Pak Kaligis belum pernah diperiksa, tapi kok langsung ditetapkan sebagai tersangka. Itu menyalahi prosedur KUHAP. Kita akan ajukan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, kita akan ajukan praperadilan,” kata Afrian di KPK.

Selain mengajukan gugatan praperadilan dan mengadu ke Komnas HAM, , Kaligis juga melaporkan KPK ke Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri. Pelaporan itu terkait penangkapan Kaligis di Hotel Borobudur pada Selasa, 14 Juli 2015.  Afrian mengatakan penangkapan tersebut tidak sesuai prosedur karena Kaligis baru menerima surat panggilan untuk diperiksa hari Senin pada hari itu juga.

Seharusnya, kata  Afrian, surat panggilan tiba tiga hari sebelum jadwal pemeriksaan. Kaligis pun sudah mengirim surat ke KPK untuk dijadwalkan kembali untuk diperiksa.

“Laporan ke Mabes Polri dengan dasar telah terjadi dugaan tindak pidana perampasan kemerdekaan orang. Ke Komnas HAM, laporan dengan dasar dugaan pelanggaran hak asasi manusia,” tukas Afrian.

OC Kaligis ditahan KPK sejak Selasa  14 Juli sehubungan penetapannya sebagai tersangka suap hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan, Sumatera Utara.  Penangkapanya sehubungan tuduhan kalau OC Kaligis merupakan sosok di balik kasus penyuapan ini.

Selain OC, ada lima orang lain telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut,  yaitu tiga hakim dan seorang panitera PTUN Medan sebagai pihak yang menerima suap,  serta Gerry, anak buah OC Kaligis yang berperan sebagai pihak yang  menyuap.  ***

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...