Home / Bisnis / Oknum Karyawan Bank Swasta Nilep Deposito Nasabah Rp 29 Miliar

Oknum Karyawan Bank Swasta Nilep Deposito Nasabah Rp 29 Miliar

Seorang pegawai bank swasta dengan inisial SD pada Sabtu (27/6/2015) diringkus oleh Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Badan Reserse Kriminal Polri. Pegawai tersebut merupakan karyawan bank swasta yang melakukan pencurian uang nasabah.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen (Pol) Victor Edison Simanjuntak mengatakan “Kemarin kami menangkap pria berinisial SD di rumah pacarnya di Kebon Jeruk, Jakarta Barat,” demikian penjelasan ketika dihubungi Kompas pada Minggu (28/6/2015).

Pelaku SD adalah salah seorang karyawan bank swasta di Indonesia. Modus yang dilakukan adalah dengan tidak memasukkan dana nasabah ke rekening deposito, tetapi ke rekening lain dan diambil sedikit demi sedikit lalu ditransfer ke rekening lain. Jumalah uang yang dicuri oleh pelaku SD sebesar Rp 29 miliar. Demikian penjelasan Viktor.

Moodus lain pelaku,masih didalami oleh pihak berwajib termasuk apakah dia bekerja seorang diri atau berkelompok. Kini SD tengah menjalani pemeriksaan intensif di ruangan penyidik Subdirektorat Perbankan Dittipideksus Polri.

“Sementara itu saja dulu. Kami masih lakukan pendalaman,” ujar Victor kepada Kompas.
Penyidik mengenakan sangkaan Pasal 362 KUHP dan 363 KUHP terhadap tersangka dengan ancaman hukuman penjara di atas lima tahun. Victor mengatakan kemungkinan masih ada penambahan pasal seiring pengembangan penyidikan.

Baca Juga

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...