Home / Berita / Nasional / Ongkos Naik Haji Tahun ini Turun

Ongkos Naik Haji Tahun ini Turun

 

kabah

Ada kabar baik bagi anda yang akan berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2015. Pemerintah dalam hal ini Kementeria Agama telah mengumumkan kalau ongkos naik haji turun dari tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, ongkos ibadah haji tahun ini diturunkan dari 3.219 dolar Amerika Serikat pada 2014 menjadi 2.719 dolar Amerika Serikat pada 2015. Kalau dihitung berdasarkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Rp12.500, ongkos haji tahun ini diperkirakan sebesar Rp 33.987.500 atau lebih dari Rp33,9 juta. Angka itu berarti turun hampir Rp6 juta dibanding ongkos haji tahun 2014 yang sebesar Rp 38 juta.

Penurunan ongkos naik haji tidak terlepas dari kesepakatan antara Dewan Perwakilan Rakyat dengan Kementerian Agama. “Kita bersyukur setelah rapat dan evaluasi bersama BPIH (Badan Penyelenggara Ibadah Haji) selama berbulan-bulan, turun signifikan. Sebelumnya, selalu di atas 3.000 dolar Amerika Serikat,” ujar Menag.

Sementara itu Ketua Komisi VIII DPR, Saleh Partaonan Daulay mengatakan, penurunan ini adalah yang terbesar selama puluhan tahun terakhir.

Meski telah turun, Kementerian Agama tidak serta melupakan bahkan mengurangi pelayanannya. Justru sebaliknya, pelayanan semakin ditingkatkan. “Penurunan itu tidak berdampak pada penurunan kualitas pelayanan haji, bahkan pelayanan meningkat,” tutur Lukman

Dijelaskan olehnya bahwa peningkatan pelayanan pertama terkait makanan bagi jemaah, yang sebelumnya tidak pernah ada. “Sekarang kita siapkan untuk 15 hari,” katanya.

Selanjutnya adalah pemondokan dimana akan disentralisasi. Kalau sebelumnya tersebar di 12 titik, maka untuk tahun ini dimampatkan menjadi enam titik di sekitar Kota Madinah. Jaraknya sekitar satu kilometer dari Masjid Nabawi.

Pelayanan lainnya, ditambahkan olehnya, kalau pemerintah Arab Saudi berjanji memberikan fasilitas pendingin di tenda-tenda jemaah haji. Sebab, suhu di Arab Saudi diperkirakan mencapai 40 derajat celcius pada tahun ini.

Yang juga akan ditingkatkan adalah tentang rute penerbangan, menjadi lebih cepat sehingga penggunaan jalur darat dipersingkat. Jemaah langsung ke Madinah, tidak seperti tahun sebelumnya. “Ini sangat mengurangi kelelahan jemaah. Tidak perlu lewat darat terlalu lama. Langsung pulang dari Madinah ke Indonesia,”terangnya.

Walaupun ongkos naik haji turun dan pelayanan dijanjikan akan ditingkatkan tidak serta merta membuat masyarakat gembira. Sebab pemerintah belum bisa meningkatkan kuota atau jatah jemaah haji. Ini menyangkut pemberian jatah yang diberikan dari negara Arab Saudi. Untuk tahun ini, kuota yang diberikan kepada jemaah haji Indonesia sama dengan tahun sebelumnya, sebesar 168.800 jiwa.

Dengan adanya kuota, banyak masyarakat di berbagai daerah harus sabar mengantri menunaikan rukun Islam kelima tersebut, hingga mencapai 10-20 tahun. Makanya, untuk tahun ini Kementerian Agama memprioritaskan bagi mereka yang belum pernah naik haji.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...