Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Otak Dinosaurus Cuma Sebesar Bola Tenis!

Otak Dinosaurus Cuma Sebesar Bola Tenis!

Menurut hasil penelitian, otak dinosaurus ternyata hanya sebesar bola tenis.

Otak Dinosaurus Cuma Sebesar Bola Tenis!

Ternyata ukuran badan raksasa tak lantas menjamin suatu makhluk hidup memiliki otak yang besar. Seperti dinosaurus berukuran dua kali bus tingkat ini, Sauropoda yang otaknya konon hanya sebesar bola tenis. Titanosaurus yang hidup hampir 72 juta tahun lalu ini termasuk dalam keluarga Sauropoda.

Ciri khas Sauropoda terletak pada ukuran raksasanya, leher dan ekor berukuran panjang dengan berat minimal 90 ton. Seorang Paleontolog dari Universitas Manchester, Fabien Knoll mengatakan memang ukuran otak dinosaurus dari keluarga ini terkenal kecil.

“Kami tak pernah melihat adanya perkembangan otak dari Sauropoda. Berbeda dengan mamalia atau keluarga burung, di mana ada perkembangan ukuran otak mereka dari waktu ke waktu” ungkap Knoll.

Sejak kemunculan jenis pertama Sauropoda 160 juta tahun lalu, ukuran otak mereka hanya berkisar di diameter 6 hingga 8 senti meter. Sebelumya tim Knoll pernah melakukan kajian atas anggota keluarga sauropoda lain, Ampelosaurus.

Dinosaurus dengan panjang hingga 15 meter ini, hanya memiliki otak berukuran 8 senti meter. Menurut pelontolog dari Universitas Ohio, Lawrence Witmer evolusi otak memang tak menjadi fokus utama dari jenis ini.

“Mereka sepertinya terhambat sesuatu” ungkap Witmer.

Selama bertahun-tahun, para peneliti masih terus mengkaji cara hidup para raksasa ini. Bagaimana caranya mereka hidup dengan otak sekecil itu. Namun menurut Witmer, dinosaurus ini memang tak membutuhkan otak yang besar. Mereka bergerak lambat karena berbadan besar dan hidupnya cenderung damai dengan memakan tanaman.

“Justru kita yang harus bertanya-tanya, apa yang dilakukan spesies modern dengan ukuran otak yang begitu besar. Ukuran otak sapi mungkin seperti Einstein bagi para dinasurus ini, tapi mengapa?” tambah Witmer.

Para peneliti masih terus mengupayakan kajian lebih mendalam terhadpa cara kerja otak dinosaurus dengan menggunakan model komputer. Namun penelitian ini terganjal, karena sulit untuk mendapatkan contoh otak dinosaurus utuh. Kebanyakan fosil yang ditemukan, sudah dalam keadaan tak utuh lagi.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

permainan-game-di-korea

Bintang Tamu Ini Bercinta di Depan Penonton Saat Siaran Langsung

Sebuah video merekam aksi dua bintang tamu berbaring di lantai di sebuah studio TV saat ...