Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Pabrik Nata De Coco Oplosan Pupuk ZA Dibongkar Polres Sleman Yogyakarta

Pabrik Nata De Coco Oplosan Pupuk ZA Dibongkar Polres Sleman Yogyakarta

Pabrik Nata De Coco Oplosan Pupuk ZA Dibongkar Polres Sleman Yogyakarta

Pabrik Nata De Coco Oplosan Pupuk ZA Dibongkar Polres Sleman Yogyakarta. Sebuah pabrik nata de coco yang diduga terbuat dari endapan air kelapa dan dicampur dengan pupuk ZA, dibongkar oleh aparat Polres Sleman. Pabrik tersebut tepatnya berada di bangunan bekas SDN Semarang 3 Sidomulyo Godean Sleman Jogjakarta.

Dalam keterangannya Kepala Polres Sleman, AKBP Faried Zulkarnaen yang datang di lokasi tersebut menuturkan jika sebelumnya polisi mendapat informasi dari masyarakat terkait adanya kegiatan pabrik rumahan yang memproduksi nata de coco dengan bahan tambahan pupuk ZA.

Berbekal informasi tersebut, penyidik lantas melakukan penyelidikan. “Pupuk Za ini pupuk untuk tanaman, bukan dicampur dalam makanan untuk dikonsumsi” ungkap Faried.

Selanjutnya aparat kepolisian menutup pabrik tersebut dan akan berkoordinasi dengan Badan POM DIY dalam pemeriksaan kandungan di dalam produk pangan tersebut. Menurut Zullies Ekawati yang merupakan Pakar Farmakologi UGM, ZA adalah ammonium sulfat yang dibutuhkan sebagai sumber nitrogen untuk nutrisi bagi bakteri acetobacter xylinium.

Bakteri tersebutlah yang lalu digunakan dalam proses fermentasi sari kepala menjadi nata de coco. Sebenarnya penggunaan ZA dalam pembuatan nata de coco tidak bermasalah, sepanjang jumlahnya tidak lebih dari satu persen. Artinya dalam 100 liter tidak boleh melebihi satu kilogram. Hal ini karena dalam proses pencucian setelah fermentasi selesai, bakteri akan hilang.

Namun terkait kasus yang terjadi di Sleman, ZA yang dipakai bukan ZA yang khusus untuk makanan. Ammonium sulfat yang dipakai seharusnya menggunakan ZA yang nutrition grade, bukan ZA yang untuk pupuk. Walaupun secara subtansi senyawanya sama.

Below Article Banner Area

Baca Juga

Belanja Baju Muslim

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...