Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Pahami Gejala Depresi yang Tersembunyi Seperti Ini

Pahami Gejala Depresi yang Tersembunyi Seperti Ini

depresi

Depresi adalah penyakit mental yang jauh lebih parah dibanding stres biasa. Orang stres mungkin masih bisa berpikir secara sehat sekalipun pikirannya dipenuhi dengan tekanan. Namun ketika orang sudah depresi, dirinya kurang mampu mengatur psikologisnya dan cenderung larut dalam berbagai tekanan masalah.

Hanya saja, orang yang depresi cenderung akan memiliki kemunduran terutama pada kesehatan tubuh. Keluhan kesehatan segera menyerangnya dan baru hilang setelah mampu menyingkirkan depresi. Oleh karena itu, kadang terjadi ada seseorang yang merasa sakit tapi tidak ditemukan penyebabnya. Dan, hal itu bisa dipicu oleh masalah mental ini.

Untuk menghindari hal ini terjadi pada diri Anda, sebaiknya ketahui beberapa tanda depresi. Dikutip dari Times of India, berikut tiga tanda depresi mulai menyerang:

  1. Penurunan kekebalan tubuh. Secara langsung depresi akan menurunkan sistem kekebalan tubuh.  Suasana hati yang buruk membuat tubuh bereaksi negatif. Efek sampingnya yaitu seseorang mudah terserang penyakit mulai yang ringan hingga sedang.
  2. Badan terasa letih dan lelah. Orang yang depresi kerap merasa ingin berisitirahat lebih panjang dari waktu biasanya. Tubuhnya  terasa sangat lelah seperti orang kehabisan tenaga. Ini menjadi sebab tersembunyi dari depresi, apalagi jika sebelumnya mengalami banyak tekanan pikiran.
  3. Motivasi sangat rendah. Orang depresi cenderung lebih ogah-ogahan untuk beraktivitas. Dia malas melakukan ini-itu. Dia lebih suka melamun atau merenung, namun tidak memiliki usaha untuk segera mencari solusi dari permasalahan yang dihadapinya.
  4. Dari kebiasaan makan, orang depresi akan melewatkan waktu makan dan membiarkan perutnya kosong. Tapi saat malam hari, dia bisa makan sangat banyak. Sehingga, orang depresi kerap ditemui bermasalah dengan berat badan. Bisa saja dia terlihat lebih kurus, atau malah menjadi lebih gemuk.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...