Home / Berita / Nasional / PAN Pecah Koalisi, Incar Jatah Menteri?

PAN Pecah Koalisi, Incar Jatah Menteri?

Jokowi PAN Gabung Koalisi KIH

Bergabungnya PAN ke dalam KIH tentu saja menjadi berita menarik yang mengiringi situasi politik Tanah Air. Pasalnya tahun lalu, Partai Amanat Nasional bisa dikatakan sebagai motor penggerak Koalisi Merah Putih untuk menjadi pesaing Koalisi Indonesia Hebat.

Lantas apakah PAN mengincar kursi menteri pada reshuffle kabinet jilid II? Menanggapi hal itu Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, Yandri Susanto menegaskan jika reshuffle kabinet adalah hak prerogatif Jokowi selaku presiden. PAN tidak memanfaatkan situasi ini dengan mengincar jatah menteri.

“Enggaklah. Enggak ada bagi-bagi itu” ungkap Yandri, Rabu (2/9/2015).

Di lain pihak Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais mengingatkan pemerintah agar rangkulan yang dilakukan terhadap PAN tidak menjadi “rangkulan maut” yang bertujuan memecah kekuatan politik. Rangkulan agar PAN mendukung pemerintah sebaiknya dilakukan demi kepentingan bangsa yang lebih besar.

“Nah, pertemuan Ketua Umum PAN dan Jokowi harus diletakkan dalam perspektif ini. Jika pertemuan itu untuk menghadapi krisis ekonomi, tentu kita syukuri”

“Dengan hitungan remeh-remeh seperti hanya untuk jumlah kursi lebih besar dengan imbalan dua/tiga kursi, maka ada usaha pecah belah kekuatan politik” ungkap Amien Rais, Kamis (3/9/2015).

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...