Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Politik / PAN Usulkan agar Lebih Ringan Syarat Calon yang Maju Lewat Independen, Ini Alasannya

PAN Usulkan agar Lebih Ringan Syarat Calon yang Maju Lewat Independen, Ini Alasannya

ketum pan

 

Partai Amanat Nasional (PAN) akan mengusulkan persyaratan calon kepala daerah dari jalur perseorangan atau independen sama atau lebih ringan sehingga lebih banyak pasangan calon kepala daerah yang dapat berkompetisi.

“Semakin banyak pasangan calon kepala daerah yang berkompetisi semakin baik, karena semakin banyak pilihan rakyat,” ujar Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, usai menjadi pembicara utama pada salah satu seminar, Senin (28/3).

Ditambahkan oleh Zulkifli, calon kepala daerah dari jalur perseorangan dukungannya langsung dari masyarakat yang dibuktikan oleh pernyataan dukungan dan foto kopi kartu identitas penduduk (KTP).

Calon perseorangan, lanjutnya, tidak ada dukungan mesin partai yang sudah terorganisir sehingga tidak jadi masalah jika persyaratan dukungan lebih mudah.

Saat ditanya, persyaratan dukungan yang diatur dalam UU Pilkada untuk calon kepala daerah perseorangan adalah 6,5-10 persen dari daftar pemilih tetap (DPT), menurut Zulkifli tidak apa-apa.

“Diringankan sedikit lagi juga tidak apa-apa,” imbuhnya.

Seperti diketahui dalam UU No 8 tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota atau UU Pilkada mengatur syarat dukungan untuk calon kepala daerah perseorangan atau independen adalah 6,5-10 persen dari DPT.

Sementara syarat dukungan untuk calon kepala daerah dari partai politik atau gabungan partai politik adalah 25 persen suara pada pemilu legislatif sebelumnya atau 20 persen jumlah kursi di DPRD.
 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ini-isi-puisi-fadli-zon-untuk-dua-tahun-pemerintahan-jokowi-jk

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...