Home / Bisnis / Artikel / “Panama Papers” Harus dijadikan Momentum Basmi Praktik Penghindaran Pajak, Ini Penjelasannya

“Panama Papers” Harus dijadikan Momentum Basmi Praktik Penghindaran Pajak, Ini Penjelasannya

pajak778

 

Fenomena terungkapnya banyak individu dan perusahaan yang diduga terkait upaya penghindaran pajak dalam “Panama Papers” sebetulnya adalah momentum untuk membasmi praktik penghindaran pajak di Tanah Air.

“Panama Papers menunjukkan kalau dunia sudah berada di era darurat kejahatan pajak. Hal ini harus menjadi momentum bagi Pemerintah RI untuk segera membasmi praktik penghindaran pajak, pengelakan pajak dan praktik pencucian uang oleh wajib pajak Indonesia, baik perorangan maupun badan hukum,” ujar Direktur Eksekutif Perkumpulan Prakarsa, Ah Maftuchan, dalam rilis seperti dilansir Antara.

Menurutnya, dengan banyaknya pengusaha dan elite Indonesia yang masuk dalam daftar yang ada di “Panama Papers”, hal itu dinilai mengonfirmasi bahwa praktik-praktif kotor dalam menghindari dan mengelak pajak telah menjadi ancaman serius bagi Indonesia.

Ia berpendapat, ancaman serius itu karena dapat mengurangi mobilisasi penerimaan pajak untuk pembiayaan pembangunan di berbagai daerah.

Disamping itu, sambungnya, “Panama Papers” juga menunjukkan bahwa potensi penerimaan pajak Indonesia yang menguap yang jumlahnya sangat besar.

Untuk itu, Ah Maftuchan mendesak Presiden Joko Widodo untuk segera membentuk Gugus Kerja Anti Mafia Kejahatan Pajak yang berisi gabungan antara lembaga pemerintah dan nonpemerintah yang kredibel.

 

 

 

 

Baca Juga

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...