Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Bisnis / Artikel / Panasonic dan Toshiba Tutup di Indonesia, Ribuan Buruh Akan Kena PHK?

Panasonic dan Toshiba Tutup di Indonesia, Ribuan Buruh Akan Kena PHK?

phk buruh

 

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) membenarkan kalau ada langkah restrukturisasi yang dilakukan dua pabrikan elektronik raksasa, Panasonic dan Toshiba di Indonesia. Maka imbas dari ini, ribuan buruh terkena PHK.

Namun sayang, kedua perusahaan asal Jepang ini belum melaporkan secara resmi data efisiensi dan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) para pegawainya kepada institusi ini.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengaku sudah memperoleh informasi bahwa Panasonic dan Toshiba melakukan restrukturisasi sebagai upaya efisiensi di tengah persaingan industri elektronik yang ketat di Tanah Air.

“Dari informasi yang diterima, ada yang menyampaikan memang ada restrukturisasi,” katanya ditemui dalam Konferensi Pers Realisasi Komitmen Investasi Januari 2016 di Gedung BKPM, Jakarta, Rabu (3/2).

Dijelaskan pula olehnya, restrukturisasi perusahaan terpaksa dilakukan Panasonic dan Toshiba karena kalah bersaing dengan produk elektronik dari China. Akhirnya, perusahaan itu berencana memproduksi barang elektronik jenis lain.

“Dari sisi kompetisi, produk mereka kalah dengan China. Tapi bukan berarti mati. Mereka switch (pindah) ke produk lain,” paparnya.

Franky juga menyayangkan jika Panasonic maupun Toshiba belum melaporkan upaya efisiensi ini kepada BKPM meskipun sudah ada desk khusus investasi yang melayani perusahaan yang berencana mengurangi pekerja.

“Korporasi belum menyampaikan kepada kami. Jadi kami belum bisa bilang tutup,” imbuhnya.

Ditambahkan olehnya, industri elektronik di Indonesia masih bertumbuh dengan baik. Buktinya, kata Franky, izin prinsip komitmen investasi di sektor mesin dan elektronik meningkat 106 persen pada periode Januari 2016.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

amnesti_pajak889

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...