Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Pancaroba Datang, Penyakit Gampang Menyerang

Pancaroba Datang, Penyakit Gampang Menyerang

flu

Musim pancaroba – masa perpindahan dari musim kemarau ke musim hujan, dan sebaliknya – membawa pengaruh buruk bagi kesehatan. Pada situasi hawa panas-dingin yang tidak menentu membuat kekebalan tubuh cenderung menurun. Di masa inilah berbagai bibit penyakit mulai dari virus, bakteri, hingga jamur lebih mudah menginfeksi dan membuat seseorang jatuh sakit.

Pada musim pancaroba, beberapa penyakit sering menjadi langganan. Penyakit yang paling sering muncul yaitu flu, batuk dan diare. Seperti dilansir Bisnis.com, penyakit selanjutnya yang kerap menyerang adalah tipes, bronkhitis, demam berdarah, dan cikungunya. Semua penyakit tersebut mesti diwaspadai.

Kabar buruknya, baik orang dewasa atau pun aanak-anak memiliki risiko yang sama untuk mengalami sakit khas pancaroba. Setidaknya munculnya penyakit ini pada tubuh dipicu oleh tiga keadaan. Pertama, perubahan cuaca membuat penyebaran bibit penyakit menjadi tidak terkontrol. Kedua, lingkungan yang tidak kondusif akan mendukung tubuh rentan terinfeksi. Terakhir, perubahan cuaca membuat imunitas tubuh cenderung menurun.

Selama musim pancaroba berlangsung, seseorang mesti sadar diri untuk memperkuat imunitas tubuh. Imunitas ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan bergizi hingga menjaga pola tidur. Hindari pula makanan atau minuman yang justru dapat melemahkan imunitas. Contohnya minum es kala udara sangat panas, sembarangan membeli makanan yang tercemar, terlalu banyak mengonsumsi kafein, dan sebagainya.

Di samping itu, berbagai media yang menjadi tempat berkembangnya bibit penyakit mesti dibersihkan. Contohnya, jentik nyamuk Aedes aegypti paling senang berkembang di genangan air manapun baik di selokan atau genangan apapun. Lingkungan kotor seperti ini harus diatasi. Sirkulasi udara juga dibersihkan agar udara sehat selalu masuk ke dalam rumah.  Yang pasti, Anda harus terus berusaha menjaga tubuh agar terhindar dari pemicu penyakit.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...