Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Pansel Buka Suara : Pemimpin KPK Tidak Harus Berasal dari Jaksa

Pansel Buka Suara : Pemimpin KPK Tidak Harus Berasal dari Jaksa

pansel kpk

Komisi III DPR menunda pengambilan keputusan terhadap kelanjutan seleksi calon pemimpin (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Salah satu alasan penundaan itu karena tidak adanya capim KPK yang berasal dari unsur kejaksaan.

Terkait hal itu, juru bicara Tim Pansel Capim KPK Betti Alisjahbana menuturkan bahwa sejak awal pihaknya sudah memberi kesempatan kepada Kejaksaan Agung untuk mengirimkan jaksa-jaksa terbaiknya mendaftar sebagai capim KPK.

Hal itu, lanjutnya, sudah dilakukan oleh kejaksaan. Tetapi, Undang-undang KPK tidak mensyaratkan pemimpin KPK berasal dari unsur kejaksaan maupun Polri.

“Kami juga sudah mendalami tidak hanya UU (Undang-undang) KPK, tapi juga UU Tipikor sebagai induk lahirnya KPK, Pasal 43 ayat 3 menyebut keanggotaan komisi terdiri atas unsur pemerintah dan masyarakat,” kata Betti melalui keterangan tertulis yang diterima wartawan, Kamis (26/11).

Menurut Betti, soal unsur pemerintah dimaksud tidak diatur secara jelas dalam UU KPK. Begitu juga jika dikaitkan dengan Pasal 21 UU KPK yang menyebutkan pemimpin KPK adalah penyidik dan penuntut umum.

“Artinya berfungsi sebagai penyidik dan penuntut umum, dan adalah pejabat negara. Karena KPK adalah lembaga negara independen,” jelasnya.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...