Home / Berita / Nasional / Pansel KPK Buka Suara : Capim KPK yang Jadi Tersangka Tidak Akan Kami Loloskan

Pansel KPK Buka Suara : Capim KPK yang Jadi Tersangka Tidak Akan Kami Loloskan

seleksi capim kpk3

Seperti diberitakan, salah satu orang calon pimpinan KPK ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri. Panitia Seleksi (Pansel) capim KPK menyatakan, capim yang jadi tersangka itu lolos 19 besar, tapi tidak akan masuk dalam 8 besar.

Juru Bicara Pansel Capim KPK, Betty Alisyahbana membenarkan kabar bahwa 1 capim KPK dijadikan tersangka. Pihaknya pun langsung berkomunikasi dengan Bareskrim Polri.

“Sudah tahu. Setelah mendapatkan cerita itu, kita langsung hubungi Bareskrinm untuk konfirmasi,” tutur Betty hari Jumat (28/8).

Ditambahkan olehnya, capim yang dijadikan tersangka itu masuk dalam 19 besar hasil seleksi. Namun tidak masuk dalam 8 besar yang akan diajukan ke Presiden Joko Widodo.

“Harus dong (dicoret). Sudah tersangka ya sudah enggak mungkin,” kata Yenti.

Alasan tidak diloloskan, kata Yenti, pihaknya tidak ingin mengambil risiko jika tetap meloloskan seorang capim KPK yang telah berstatus tersangka.

Sebab, pihaknya tidak ingin ada istilah ‘kriminalisasi’ kepada pimpinan KPK yang telah terpilih, namun sudah ada proses hukum ketika masih menjadi calon.

“Komisioner saja yang ditetapkan sebagai tersangka pasti harus berhenti kan,” imbuh Yenti.

Tentang siapa nama capim KPK yang sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri, Yenti mengungkapkan pihaknya sudah mengantongi nama itu. Namun ia enggan membeberkannya.

“Saya sudah berbicara live melalui televisi tadi kepada Pak Kabareskrim, tetapi kami tidak akan mengungkapkan siapa calon itu,” jelas Yenti.

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...