Home / Gaya Hidup / Wisata / Pantai Ngobaran di Gunungkidul Mirip Suasana Bali

Pantai Ngobaran di Gunungkidul Mirip Suasana Bali

Gunungkidul memiliki banyak pantai yang masih alami dengan hamparan pasir putih. Salah satu pantai yang sedang digandrungi wisatawan domestik adalah pantai Ngobaran. Pantai ini memberikan kesan pluralisme, seakan-akan wisatawan yang berkunjung sedang berada di Pulai Bali.

Pantai Ngobaran merupakan salah satu pantai yang cukup istimewa. Dipinggiran yang berupa karang banyak ditumbuhi rumput laut yang berwarna hijau dan coklat. Deburan ombaknya yang besar dan air laut yang terlihat biru semakin mempercantik pantai ini.

Pantai Ngobaran ini sering disebut Bali Van Java, karena dipinggiran tebing pantai terdapat bangunan yang menyerupai pura dan patung-patung seperti yang ada di Bali. Udaranya yang segar dan hembusan angin sepoi-sepoi memanjakan wisatawan yang berkunjung sehingga enggan untuk beranjak.

Tempat peribadatan itu didirikan tahun 2003 untuk memperingati kehadiran Brawijaya V, salah satu keturunan raja Majapahit di Ngobaran. Orang yang beribadah di tempat ini adalah penganut kepercayaan Kejawan.

Nama Kejawan menurut cerita masyarakat setempat berasal dari nama salah satu putra Brawijaya V, yaitu Bondhan Kejawan. Pembangun tempat peribadatan ini mengaku sebagai keturunan Brawijaya V dan menunjuk salah satu warga untuk menjaga tempat ini.

Berjalan ke arah kiri dari tempat peribadatan tersebut, kita akan menemui sebuah Joglo yang digunakan untuk tempat peribadatan pengikut Kejawen. Menurut penduduk setempat, kepercayaan Kejawen berbeda dengan Kejawan. Namun mereka sendiri tak begitu mampu menjelaskan perbedaannya.

Bila terus menyusuri jalan setapak yang ada di depan Joglo, kita akan menemukan sebuah kotak batu yang ditumbuhi tanaman kering. Tanaman tersebut dipagari dengan kayu berwarna abu-abu.

Titik dimana ranting kering ini tumbuh konon merupakan tempat Brawijaya V berpura-pura membakar diri. Langkah itu ditempuhnya karena Brawijaya V tidak mau berperang melawan anaknya sendiri, Raden Patah (Raja I Demak). Penasaran ingin tau kisah selanjutnya? Silahkan berkunjung ke Pantai Ngombaran!

Baca Juga

5 Tempat Wisata Religi di Yogyakarta Ini, Cocok untuk Isi Waktu Bulan Ramadhan

Mengisi bulan puasa Ramadhan 2016, tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata religi yang ada di ...