Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Pantat Bisa Melebar Kalau Kebanyakan Duduk

Pantat Bisa Melebar Kalau Kebanyakan Duduk

wanita paruh baya sedang duduk

Sering duduk dalam jangka waktu lama setiap harinya bisa membuat ukuran pantat menjadi lebih lebar dari ukuran semula. Sebuah studi menunjukkan, selain berpengaruh pada penumpukan lemak di perut, duduk terlalu lama juga bisa menambah tumpukan lemak di area pantat.

Seperti dilansir Times of India, ini terjadi karena sel-sel lamak yang ada di daerah pantat mengalami perkembangan. Tidak tanggung-tanggung, pelebaran lemak terjadi hingga 50 persen. Inilah yang kemudian membuat orang-orang yang punya kebiasaan duduk lama kerap memiliki pantan yang membulat dan lebih lebar.

Studi yang dilakukan peneliti Tel Aviv University mengatakan, kejadian pelebaran sel lemak ini disebut dengan ekspansi seluler.  Ekspansi seluler memiliki peran yang signifikan dalam produksi lemak di dalam tubuh. Jika lemak ini mendapatkan tekanan secara fisik, maka terjadi perkembanga ukuran yang melibatkan tetesan lemak.

“Kami menemukan saat itu sel-sel lemak terkena tekanan berkelanjutan sambil duduk percepatan pertumbuhan tetesan lipid – Bahwa molekul membawa lemak,” kata Amit Gefen, profesor di departemen teknik biomedis  Tel Aviv University, Israel.

Para peneliti membuktikan hal ini dengan melakukan analisa terhadap kumpulan sel lemak dalam tubuh. Mereka menemukan bahwa nutrisi hanya memainkan peranan kecil untuk menjaga seseorang tetap mendapatkan tubuh yang langsung. Artinya, aktivitas duduk lama bisa merusak sel yang kemudian memperluas sel lemak lebih lebar. Sehingga, orang yang memng kesehariannya harus beraktivitas dengan duduk sebaiknya mengambil jeda untuk kegiatan yang dilakukan dengan berdiri.

Buruknya aktivitas duduk lama sebenarnya masih beragam. Sebuah studi mengatakan kegiatan ini membuat terjadinya emboli paru. Studi lain mengungkapkan, duduk lama juga memicu terjadinya serangan jantung bagi wanita. Sementara itu menurut Dr Dylan Thompson, dosen senior di Universitas Bath, mengatakan bahwa dalam sehari sebaiknya seseorang membatasi diri untuk aktivitas duduk maksimal 9 jam.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...