Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Regional / Papua Dilanda Hujan Salju, Belasan Orang Tewas, Ribuan Lainnya Butuh Bantuan!

Papua Dilanda Hujan Salju, Belasan Orang Tewas, Ribuan Lainnya Butuh Bantuan!

Papua Dilanda Hujan Salju, Belasan Orang Tewas, Ribuan Lainnya Butuh Bantuan!

Daerah Lanny Jaya Papua, tepatnya di Distrik Wano Barat tak luput dari hantaman hujan salju. Dampak dari bencana tersebut belasan orang meninggal dunia, karena hujan salju yang melanda daerah itu sejak 5 Juli 2015 lalu. Tidak hanya menelan korban jiwa, hujan salju yang turun sepanjang hari juga menyebabkan hasil kebun dan hewan ternak warga seperti babi dan ayam mati kedinginan.

Dalam keterangannya Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya, Christian Siholait menuturkan jika tak hanya Kampung Wano Barat yang dilanda hujan salju. Christian Siholait menambahkan setidaknya ada 2 distrik lainnya yakni Distrik Kuyawage yang terdapat 8 kampung di dalamnya dan Distrik Goa Baliem yang terdapat 7 kampung di dalamnya.

“Sebanyak 11 warga yang tewas diduga akibat kedinginan, sebab suhu mencapai 0 hingga minus 2 derajat Celsius. Hujan salju juga terjadi sepanjang hari dan berlangsung 3 hari berturut-turut,” ungkap Christian Siholait, Selasa (14/7/2015).

Sebelum hujan salju turun, menurut Siholait kekeringan telah melanda daerah itu selama satu bulan lamanya. Siklus hujan salju di Lanny Jaya biasa terjadi 3 tahunan atau 5 tahunan bahkan hingga 10 tahunan. Menurut informasi dari Liputan6, hujan salju terakhir kalinya di Lanny Jaya terjadi pada 1989.

“Kami akan membagi 3 tim untuk menyalurkan bahan makanan, obat-obatan, dan tim medis ke 3 distrik. Kami juga akan menyewa pesawat dengan satu kali terbang Rp 33 juta. 3 Distrik itu jika ditempuh dengan berjalan kaki bisa memakan waktu hingga 10 hari perjalanan. Sehingga kami butuh perhatian pemerintah pusat untuk membiayai angkutan ke lokasi bencana” tambah Christian.

Pemkab Lanny Jaya juga meminta bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua untuk membantu pengiriman tambahan tim medis, obat-obatan dan tambahan selimut dan pakaian. Data dari Pemkab Lanny Jaya setiap distrik rata-rata dihuni oleh 400 kepala keluarga (KK), sehingga saat ini ada sekitar 1.200 KK yang terancam kelaparan dan kedinginan.

“Warga tak memiliki kesiapan untuk menghadapi cuaca ekstrem karena musim hujan salju tak dialami warga setiap tahun. Ribuan warga juga berada dalam situasi rawan makanan dan terancam terserang penyakit” pungkasnya.

Below Article Banner Area

Baca Juga

ketua-pengadilan-agama-kepergok-di-hotel-lagi

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...