Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Para Pemudik Muslim Boleh Tidak Puasa, Asalkan…

Para Pemudik Muslim Boleh Tidak Puasa, Asalkan…

pemudik9

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin mengungkapkan kalau para pemudik Muslim boleh tidak berpuasa selama perjalanan dan menggantinya di hari lain di luar bulan Ramadhan.

“Boleh selama perjalanannya mencapai jarak 80 mil atau 85 kilometer lebih,” ujar Maruf saat ditemui di acara “Tausiyah Majelis Ulama Indonesia Menyambut Idul Fitri 1437 Hijriyah” di kantornya Jakarta, Jumat (1/7) lalu.

Menurutnya, keringanan atau rukhsah itu berlaku untuk pemudik dengan segala moda transportasi, baik darat, laut dan udara. Artinya, apapun moda transportasinya boleh tidak berpuasa selama jarak yang ditempuh memenuhi kriteria 85 kilometer.

Ditambahkan olehnya, pemudik yang memenuhi kriteria rukhsah itu memiliki kendala selama perjalanan sehingga hal ini menjadi salah satu dasar diperbolehkannya tidak berpuasa.

Walau demikian, Maruf menuturkan pemudik untuk tetap menjaga shalatnya karena, tidak seperti puasa, shalat tidak bisa ditinggalkan atau diganti dengan hari lain.

“Dan jangan lupa shalat. Silaturahim itu bagus, tapi shalat dilakukan secara tertib dan jangan sampai ditinggalkan,” papanya.

Di dalam imbauannya, Maruf mengharapkan agar pemudik untuk menjaga ketertiban selama mudik.
 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...