Home / Tekno / Gadget / Para Peneliti Kembangkan Daun Buatan, Ubah Sinar Matahari Jadi Energi

Para Peneliti Kembangkan Daun Buatan, Ubah Sinar Matahari Jadi Energi

panel surya

Teknologi surya bukanlah hal baru, tapi dengan kondisi saat ini, teknologi ini tidaklah efisien. Tentunya akan memerlukan waktu untuk membuat teknologi ini lebih baik. Sekelompok peneliti dari Harvard University mengembangkan apa yang mereka sebut sebagai daun bionik atau daun buatan yang terbukti lebih efisien.

Ide di balik daun ini bukanlah untuk mengembangkan sel surya, tapi didesain untuk meniru alam, terutama tanaman dan proses fotosintesis alami. Dengan demikian, proses ini bisa menyimpan energi matahari dan juga mengurangi jumlah karbondioksida di atmosfer.

Cara kerja teknologi ini sederhana dan digambarkan sebagai penggunaan sebuah kaleng yang berisi dua elektroda. Kaleng ini juga diisi air dan bakteri Ralstonia eutropha. Lalu, aliran listrik disalurkan lewat elektroda, yang diolah oleh molekul air, dan kemudian mengeluarkan gas hidrogen. Gas ini bisa digunakan sebagai sumber energi. Tapi para peneliti memilih memanfaatkan bakteri untuk mengolah hidrogen dan karbondioksida dan menggunakan keduanya untuk bertumbuh.

Akhir dari sistem ini menurut peneliti adalah energi yang 10% lebih efisien.

Baca Juga

Nintendo Peroleh Uang $100 Juta Dari Pokemon Go

Pokemon Go memang dibuat oleh Niantic. Tapi rupanya Nintendo memiliki 32% bagian dari The Pokemon ...