Home / Berita / Politik / PDIP : Tidak Pernah Mendesak Reshuffle Kabinet Kerja, Hanya Ajukan Rekomendasi Nama Calon Menteri

PDIP : Tidak Pernah Mendesak Reshuffle Kabinet Kerja, Hanya Ajukan Rekomendasi Nama Calon Menteri

hendrawan

 

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hendrawan Supratikno menegaskan tidak ada partai pendukung pemerintah yang pernah mendesak atau mendikte Presiden Joko Widodo soal reshuffle Kabinet Kerja.

“Saya yakin tidak ada partai yang eksplisit meminta reshuffle,” ujar Hendrawan Supratikno dalam diskusi yang bertajuk Buruk Kinerja, Kabinet Terbelah di Jakarta, Sabtu (9/1).

Tetapi, ia mengaku ada daftar panjang nama-nama yang direkomendasikan untuk menjadi menteri ke Presiden Jokowi.  Menurutnya, hal itu wajar dilakukan dalam rangka upaya perbaikan kinerja para menteri.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menilai bahwa rekomendasi daftar calon menteri adalah bentuk intervensi partai politik pendukung terhadap Presiden Jokowi.

Dirinya meyakini partai politik akan terus mempengaruhi keputusan reshuffle kabinet jilid II  menyusul sikap Presiden Jokowi yang mulai gerah dengan menolak intervensi.

“Siapa pun presiden yang berkuasa seperti presidensial setengah hati, akan terbelenggu partai politik,” tutur Hanta Yuda.
 

Baca Juga

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...