Home / Berita / Dunia / Pekan Depan, Singapura Bakal Bawa Persoalan Asap ke Pertemuan ASEAN

Pekan Depan, Singapura Bakal Bawa Persoalan Asap ke Pertemuan ASEAN

Kabut Asap Singapura
Kabut Asap Singapura (REUTERS/Edgar Su/iap)

Aktual Post – Kebakaran hutan di Sumatra memang mengakibatkan dampak buruk yang begitu luas. Tak pelak wilayah yang terkena dampak kabut asap yakni Singapura mulai terganggu kesehariannya.

Untuk itu, Pemerintah Singapura akan bergegas mengambil tindakan guna menjamin kesehatan warga negaranya. Tak menutup kemungkinan bahwa akan ada tindakan dalam hukum internasional terkait gangguan kabut asap ini.

Pernyataan itu diutarakan secara langung oleh Menteri Luar Negeri Singapura K. Shanmugam pada Sabtu (22/6) lalu, terkait krisis kabut asap. Ia mengatakan bahwa tugas utama suatu negara adalah menjamin warganya sehat dan sejahtera. Dengan demikian negara tersebut akan memiliki tingkat kemajuan yang lebih baik dibanding negara lain.

“Ada keterbatasan (dalam hukum internasional), namun kami akan tetap mengambil langkah, dan bahkan meski demikian berarti negara kita ternganggu,” ujarnya.

Menurut Shanmugam, yang juga merupakan Menteri Hukum, jika sebuah negara melakukan tindakan dan disaat itu juga negara lain terkena dampak di sektor lingkungan maka itu adalah bukti ‘ketidakkonsistensi’ terhadap pelaksanaan hukum internasional. Ia menambahkan bahwa supermasi hukum tetaplah menjadi tingkatan paling tinggi.

Selama empat hari berturut-turut, Indeks standar polutan (PSI) negara Singapura sudah tergolong tidak sehat. Oleh sebab itulah Shanmugam bakal membawa persoalan asap ke pertemuan ASEAN di Brunei Darussalam, pekan depan. Di dalam pertemuan itu juga akan hadir Pemerintah Indonesia.

Baca Juga

Si Seksi Ariel Tatum Makin Serius dengan Ryuji Utomo

Hot Photo Sabtu, 28 Okt 2017 08:33 WIB  ·   Palevi – detikHOT Jakarta detikHot ...