Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Olahraga / Balap / Pembalap Italia Melempem, Rossi Harus Bertarung Sendiri di Valencia!

Pembalap Italia Melempem, Rossi Harus Bertarung Sendiri di Valencia!

Di MotoGP Valencia, Valentino Rossi harus bertarung sendiri melawan kekuatan pembalap Spanyol!

Pembalap Italia Melempem, Rossi Harus Bertarung Sendiri di Valencia!

Bukan berarti tidak ada pebalap Italia di grid MotoGP musim ini, hanya saja rider-rider dari negara tersebut sejauh ini tak punya daya saing di papan atas. Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone cuma bisa sampai papan tengah, sementara Danilo Petrucci statistiknya lebih buruk lagi.

Apa penyebabnya pembalap Spanyol beritu hebat? Mungkin saja faktor budaya. Di banyak kota di Spanyol masih ditemui pengguna motor. Selain itu anak-anak muda di Spanyol bisa dapat izin mengendarai motor pada usia 15 tahun, sementara SIM untuk mobil baru bisa didapat pada usia 18 tahun.

Hal lainnya tentu saja kultur balap! Spanyol punya ajang balap berjenjang yang mengantar banyak anak mudanya meniti karier di Moto3, Moto2, hingga MotoGP. Anak-anak dari seluruh Eropa dan penjuru dunia datang ke Spanyol untuk menuntut ilmu membalap. Kualitas kompetisi balap regional Spanyol sangat tinggi.

Spanyol juga punya banyak sirkuit dengan kualitas sangat baik. Setiap tahun ajang MotoGP empat kali mampir Spanyol. Jerez, Catalunya, Aragon dan Valencia bergantian jadi tuan rumah. Itu yang akhirnya membuat  dominasi Spanyol, kini menggusur hegemoni Italia.

Padahal sejak pertama kali kelas MotoGP diperkenalkan pada tahun 2002 sampai tahun 2005, rider-rider Italia seperti tak punya lawan di atas lintasan. Dari 2002 sampai akhir musim 2005, pebalap-pebalap Italia memenangi 45 balapan. Sementara Spanyol cuma 5 kemenangan, sedangkan Jepang dan Brasil masing-masing 3 kemenangan.

Di musim 2015 Italia ketika itu mendominasi dengan nama-nama seperti Rossi, Max Biaggi, Loris Capirossi, dan Marco Melandri. Di tahun tersebut Rossi bergantian menjadi juara dengan Loris Capirossi dan Marco Melandri. Sepanjang tahun itu cuma dua gelar yang lepas dari genggaman rider Italia. MotoGP Amerika Serikat yang dimenangi Nicky Hayden dan di Portugal yang memunculkan Alex Barros.

Pada klasemen akhir musim 2005, dari enam pebalap di posisi teratas empat di antaranya adalah Italiano. Sejak 500cc dan MotoGP diperkenalkan sebagai kelas paling elit, Italia memang masih meraja dengan total 20 gelar juara dunia dipunya. Sementara Spanyol cuma baru punya lima gelar juara dunia yakni Àlex Criville, Lorenzo (2), dan Marquez (2).

Below Article Banner Area

Baca Juga

klasemen-baru-poin-rossi-di-motogp-2016

Klasemen Baru & Poin Rossi di MotoGP 2016

Setelah balapan di Sepang ada perubahan pada poin Rossi, Lorenzo & Marquez pada klasemen MotoGP ...