Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Pemberian Amnesti untuk Puluhan Tapol Papua Sedang diproses

Pemberian Amnesti untuk Puluhan Tapol Papua Sedang diproses

150509074459_papua_jokowi_prisoners_624x351_bbc

Pada Hari Sabtu (9/5) silam, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke pulau paling timur Indonesia. Di Papua Jokowi memberikan grasi terhadap terhadap lima tahanan politik.

Setelah memberikan grasi rencananya pemerintah juga akan membebaskan 90 orang tahanan politik asal Papua lainnya. Disamping itu, pemerintah mempertimbangkan melakukan amnesti terhadap mereka dengan terlebih dulu mengajukan permohonan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Menurut Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhi Purdijatno,”Sedang diupayakan untuk mereka juga minta grasi, tetapi kalau tidak juga akan dipayungi dengan amnesti. Tapi memakan waktu karena harus minta persetujuan DPR.”

Lebih lanjut dijelaskan bahwa proses pembebasan dengan grasi sebenarnya lebih cepat daripada amnesti. Namun, untuk para tahanan harus terlebih dulu mengakui kesalahannya dan memohon pengampunan kepada Presiden.

Sementara kalau amnesti, kata Tedjo, prosesnya cukup panjang karena harus mendapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat. Karena itu, pengajuan pembebasan terhadap para tahanan bisa disetujui bisa juga ditolak.

Terkait dengan pembebasan, pemerintah hanya akan membebaskan tahanan politik. Sedang kalau tahanan kriminal tidak akan dibantu pemerintah.

Hingga sekarang, menurut Tedjo, nama-nama tapol yang akan dibebaskan melalui jalur amnesti sudah diberikan kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Berikutnya, nama-nama tersebut akan disampaikan kepada DPR untuk segera diproses.

Apa yang dilakukan oleh pemerintah dengan memberikan pembebasan kepada tahanan politik di Papua, merupakan langkah awal dan adanya harapan agar keamanan di bumi cenderawasih terus terjaga.

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...