Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Pembunuh Eno dengan Cangkul, Divonis 10 Tahun!

Pembunuh Eno dengan Cangkul, Divonis 10 Tahun!

Majelis hakim peradilan anak di Pengadilan Negeri Tangerang pada Kamis (16/6/2016), menjatuhkan vonis untuk RAL 10 tahun penjara karena terbukti bersalah atas pembunuhan Enno.

Pembunuh Eno dengan Cangkul, Divonis 10 Tahun!

RA dikenakan hukuman maksimal bagi terdakwa anak di bawah umur, yakni hukuman penjara sepuluh tahun dengan Pasal 340 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang Pembunuhan Berencana sebagai pasal primer dengan ancaman hukuman maksimal hukuman mati.

Namun mengingat RA masih di bawah umur dan ketentuan pengenaan hukuman didasarkan pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Anak, ada pengecualian yang membuat terdakwa yang masih belum dewasa hanya dapat setengah dari ancaman hukuman maksimal orang dewasa.

Pertimbangan menjatuhkan vonis tersebut salah satunya didasarkan pada bukti sidik jari dari bercak darah pada dinding kamar mes tempat EF dibunuh, yang kemudian diketahui sebagai sidik jari RA. Hanya saja RA berencana mengajukan banding atas putusan vonis tersebut

“Saya mengajukan banding” kata RA singkat kepada Ketua Majelis Hakim, RA Suharni.

Kuasa hukum RA, Selamat Tambunan menjelaskan bahwa materi untuk banding nanti masih bagian dari kejanggalan yang diungkapkan dalam fakta persidangan. Menurut Selamat, fakta persidangan menyebutkan RA bukanlah pembunuh EF.

Karena menurut Selamat Tambunan, ada nama lain yang disebut oleh salah satu saksi mahkota yakni nama Dimas yang diyakini berada di tempat kejadian perkara. Juga hasil tes DNA luka gigitan pada salah satu bagian tubuh EF identik dengan DNA milik RA dan satu tersangka lainnya, yaitu Arifin.

“Dalam banding nanti, kami juga akan menyampaikan kejanggalan soal saksi ahli. Kenapa dokter yang memeriksa air liur dan sidik jari klien kami itu tidak dihadirkan? Itu jadi pertanyaan kami selama ini, tapi tidak digubris” ungkap Selamat.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...