Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Pemerintah Pastikan Akan Memberikan Santunan Pada Korban Jatuhnya Pesawat Hercules

Pemerintah Pastikan Akan Memberikan Santunan Pada Korban Jatuhnya Pesawat Hercules

pemulangan jenazah korban pesawat hercules 1

Pesawat Hercules milik TNI tipe C-130 dengan nomor A-1310 mengalami musibah jatuh di Jalan Jamin Ginting Medan, Sumatera Utara pada Selasa (30/6). Insiden ini mengakibatkan penumpang dan kru pesawat yang berjumlah 122 meninggal.

Pemerintah sendiri dipastikan akan memberikan santunan kepada keluarga korban pesawat Hercules. Hal ini ditegaskan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Insiden itu dianggap sebagai musibah.

“Tidak ada ganti rugi, jangan lupa. Ini santunan. Kan biasanya asuransi, tapi karena tidak ada asuransi. Oleh karena itu, pemerintah nanti mempertimbangkan sebagai musibah,” ujar JK, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta.

Menurut JK, ada perbedaan antara ganti rugi‎ dan santunan. Ganti rugi diberikan oleh pihak maskapai penerbangan komersil, karena saat membeli tiket, penumpang juga membeli asuransi.

“Ini karena musibah, ya tentu pemerintah, dengan kebiasaan yang ada atau apa, akan berikan santunan. Nanti diatur oleh Depsos biasanya,” ungkapnya.

Sementara terkait sebab jatuhnya pesawat Hecules hingga kini masih diselidiki. Pihak TNI sendiri menyatakan pesawat Hercules C-130 jatuh karena kerusakan mesin. Ada dugaan kerusakan ini karena usianya yang terlalu tua.

Sementara Wapres Jusuf Kalla menilai belum tentu mesin pesawat Hercules C-130 bernomor registrasi A-1310 yang jatuh di Medan, karena faktor umur. Sebuah pesawat, lanjut dia, layak dipakai hingga puluhan tahun bila perawatannya baik.

“‎Bodinya boleh 50 tahun, bodinya saja. Tapi mesinnya sudah ganti 5 kali, selalu begitu,” tutur JK.

Walaupun, sambungnya, Anda punya mobil atau pesawat, umurnya 5 tahun tapi tidak dipelihara tetap mogok juga kan? Tapi walaupun umurnya tua, perawatannya baik, jalan itu.

JK juga menjelaskan pesawat Hercules bisa dipakai puluhan tahun karena termasuk pesawat pengangkut, bukan pesawat tempur.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...